Share?

Ribuan Orang Seberangi Pelabuhan PPU – Balikpapan


korankaltim
korankaltim
    2017-07-03 06:51:59.000000
img

ARUS MUDIK: Warga yang akan melakukan perjalan kembali ke tempat asalnya usai mudik lebaran di pelabuhan kelotok Penajam.

PENAJAM – Pada perayaan Idul Fitri, mulai H – 7 hingga H + 4, pengguna jasa penyeberangan speedboat dan kapal kelotok melalui pelabuhan umum Penajam Paser Utara (PPU),  mengalami lonjakan dibanding hari – hari biasa. 

Kabid Lalulintas dan Angkutan, Dishub PPU, Fernando Hutagalung mengatakan pada H – 7 jumlah penumpang pengguna speedboat yang melakukan aktifitas penyeberangan menunju Balikpapan mencapai 565 orang dan penumpang datang sebanyak 193 orang, sementara pada hari biasanya hanya sekitar 100 hingga 200 orang saja, sedangkan pengguna kelotok pada hari sama jumlah cukup signifikan mencapai 1.050 orang pergi ke Balikpapan dan ke PPU mencapai 1.680 orang. Kondisi bertahan hingga pada H – 5 kalaupun ada penurunannya jumlahnya tidak terlalu besar.

Lonjakan penumpang kembali terjadi pada  H – 4, jumlah penumpang  speedboat menuju ke Balikpapan sejumlah 615 dan datang sebanyak 295. Namun lonjakan penumpang terjadi penurunan terhadap pengguna pengguna kapal kelotok dengan jumlah berangkat 1.048 dan ke PPU 1.275 orang. “Sedangkan untuk arus balik meskipun masih belum semua kami rekap, tetapi untuk jumlah lonjakan sementara ini baru terjadi pada H + 1 dan H + 2 khususnya pada penumpang kapal kelotok dengan perincian pada H + 1 berangkat ke Balikpapan sejumlah 1.050 dan ke PPU sebanyak 1.769 orang sedangkan pada H + 2 berangkat ke Balikpapan 1.110 orang dank e PPU 1.882 orang,”tuturnya.

Menurutnya, jumlah penumpang yang melakukan mudik didominasi warga PPU dan Paser serta sekitarnya  menuju ke Kota Balikpapan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengguna moda laut jenis berangkat ke Kota Balikpapan dan usai lebaran kembali ke PPU. Kini jumlah penumpang yang melakukan pelayaran dari dan ke PPU berangsur normal antrian juga mengalami penurunan.  

Ditambahkannya,  untuk pelabuhan umum di Kelurahan Maridan yang melayani angkutan warga dari dan ke beberapa wilayah di Kecamatan Sepaku  rata - rata setiap hari melayani sekitar 250 orang dewasa dan 100 orang anak - anak, namun selama mudik dan arus balik mudik lebaran ini terjadi peningkatan jumlah khususnya pada saat H + 2 dan H – 6  lebaran mencapai dua  kali lipat.

Ia mengatakan selama musim mudik lebaran dan arus balik ini terpantau cukup lancar dan para pemudik dapat melalui perjalanan tanpa hambatan. Namun demikian selama musim mudik lebaran ini sedikitnya terjadi dua kali kejadian kecelakaan lalulintas (laka lantas). Kejadian pertama terjadi di daerah Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam, laka lantas tabrakan yang melibatkan kendaraan roda dua  dengan kendaraan roda empat, lalu kejadian selanjutnya terceburnya kendaraan roda dua milik pemudik ke laut penumpang saat keluar dari feri. 

“Saat para korban telah ditangani Satlantas Polres PPU guna proses lebih lanjut, harapannya masalah yang dihadapi oleh pemudik itu bisa diselesaikan dengan baik sebagaimana aturan yang berlaku. Apalagi telah ada jaminan dari asuransi,” tukasnya. (nav) 

berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat