Share?

Upacara Hari Pancasila, Dandim Bagi-bagi Cokelat


korankaltim
korankaltim
    2017-06-02 23:57:50.000000
img

PERINGATI HARI PANCASILA: Dandim Letkol Inf Hendriawan Senjaya menjadi inspektur upacara di SMAN 2 Sendawar.

SENDAWAR –  Dandim 0912 Kutai Barat, Letkol Inf Hendriawan Senjaya, mengajak generasi penerus bangsa bangkit bersama meletakkan makna dasar serta nilai Pancasila sebagai napas hidup.

Dia menyebut kemajemukan menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar. Untuk itu katanya, generasi muda agar terus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Memperingati hari lahirnya Pancasila agar kita ingat bahwa Pancasila adalah dasar negara RI yang fundamental (mendasar),” kata Hendriawan Senjaya saat  bertindak sebagai Inspektur

Upacara dalam upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila di SMAN 2 Sendawar, Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok, Sendawar, Jumat (2/6).

Hendriawan Senjaya mengingatkan ratusan siswa SMAN 2 Sendawar, agar terus menjaga persatuan dan kesatuan. Caranya, dengan menguatkan pemahaman akan Pancasila, sehingga menghindari perpecahan.  “Hanya Pancasila melalui Bhinneka Tunggal Ika, yang bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha

Esa, giat belajar, jangan mudah terprovokasi, hayati dan amalkan kembali nilai dasar Pancasila,” ungkapnya.

Wakil Kepala SMAN 2 Sendawar, Saul mengakui sangat perlu dikuatkan pemahaman akan Pancasila kepada siswa sekolah. 

Menurutnya, di SMAN 2 Sendawar, seluruh guru mata pelajaran diwajibkan menanamkan pelajaran budi pekerti dan nilai Pancasila, di luar mata pelajaran PKn.

“Momentum  upacara memperingati hari lahir Pancasila, adalah sangat ideal. Kegiatan yang dilakukan Kodim 0912 Kubar sangat menanamkan nilai luhur Pancasila kepada siswa-siswi,” tegasnya, didampingi salah seorang guru sekolah itu, Agustinus Bakti.

Untuk diketahui, upacara bendera di SMAN 2 Sendawar, bagian dari kegiatan Kodim 0912 Kubar dalam rangka memperingati harlah Pancasila 2017, yakni membagikan sebanyak empat ribu bungkus silverqueen (cokelat) yang berlogo Pancasila tampak depan, dan tulisan “PERMEN PANCASILA MANIS” tampak belakang.

Permen Pancasila Manis adalah singkatan dari Persatuan Elemen Republik Mengamalkan Esensi Nilai Pancasila, Menjaga Arah Negara Indonesia Selamat. Sedangkan cokelat tersebut akan dibagikan kepada siswa-siswi sekolah se-Kubar dan Mahulu. Sebagai daya tarik dalam mensosialisasikan Pancasila kepada siswa-siswi. (imr)

berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat