Minggu, 17/12/2017

Arcandra Tahar

Minggu, 17/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Arcandra Tahar

Minggu, 17/12/2017

logo

DIA adalah wakil Menteri ESDM, mendampingi Ignasius Jonan, pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi yang baru saja dilantik, 14 Oktober 2016. Sebelum berada di posisinya sekarang, Arcandra sempat mencicipi jabatan Menteri ESDM selama 20 hari saja. Rekor masa kerja terpendek dalam sejarah Indonesia.

Pria kelahiran Padang, 10 Oktober 1970 ini memiliki kemampuan luar biasa dalam hal penambangan minyak lepas pantai. Dia bahkan telah mematenkan hasil karyanya dalam bidang migas, salah satunya adalah teknologi McT Floating Platform.

Sedari kecil, alumni ITB angkatan ’89 ini memang dikenal berprestasi di sekolah. Seorang guru di SMA Negeri 2 Padang, tempatnya bersekolah, sempat mengungkapkan bahwa Arcandra selalu juara kelas. Tidak heran, otak moncernya mendulang banyak keberhasilan.

Karir Arcandra dimulai dari Andersen Consulting. Pada tahun 1996 dia menempuh kuliah S-2 di Texas A&M University dan melanjutkannya sampai S-3. Sebelum menduduki jabatan menteri, Arcandra sempat bekerja di sejumlah perusahaan.

Petroneering, konsultan penambangan minyak lepas pantai adalah perusahaan terakhir yang dipimpinnya. Hingga pada tahun 2016, Presiden Jokowi mengangkatnya menjadi Menteri ESDM, menggantikan Sudirman Said yang terkena reshuffle.

Namun pengangkatannya menuai polemik.  Arcandra diisukan menjadi warga negara Amerika Serikat lewat jalur naturalisasi. Indonesia tidak mengakui dwikewarganegaraan. Untuk menghindari kegaduhan yang berlebihan, Jokowi memutuskan untuk menurunkan Arcandra. (mc)

Arcandra Tahar

Minggu, 17/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.