Rabu, 03/01/2018

Tingkat Kepuasan Pelanggan 79 Persen

Rabu, 03/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tingkat Kepuasan Pelanggan 79 Persen

Rabu, 03/01/2018

BALIKPAPAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan lembaga riset independen Frontier Consulting Group melakukan riset kepuasaan peserta program pada layanan mereka. 

“Tahun 2017, tingkat kepuasan atas layanan mencapai 79 persen dan 75 persen untuk ketersediaan fasilitas kesehatan,” kata Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengselra BPJS Kesehatan Kalimantan Ni MAS Ratna Sudewi.

Sesuai namanya, BPJS Kaltimtengselra membawahi kantor-kantor BPJS yang ada di Kalimantan Timur, Tengah, Selatan, dan Utara. 

“Tahun ini kami menargetkan 85 persen kepuasan layanan, dan 80 persen kepuasan atas fasiltas kesehatan,” tambah Deputi Direksi Sudewi.

Ia melanjutkan perbaikan komunikasi menjadi fokus utama layanan selain sosialisasi dan edukasi. Komunikasi yang dimaksud adalah mulai dari antarpenyedia layanan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, hingga dokter-pasien. Informasi kepada pasien akan penyakitnya dan tindakan yang diperlukan untuk penyembuhan dengan segala aspeknya menjadi satu yang terpenting. 

“Termasuk informasi prosedur mendapatkan layanan, ketersediaan kamar, kehadiran dokter, paramedis,” kata Ratna Sudewi. 

Dia menjelaskan pada 2018 ini fokus perbaikan dan peningkatan komunikasi juga ditujukan kepada rumah sakit. BPJS setiap bulannya menggelar forum koordinasi bersama rumah sakit dan dokter mengenai masukan perbaikan pelayanan di rumah sakit dari peserta atau pasien.

Dalam forum koordinasi itu dibahas sejumlah kasus yang muncul di rumah sakit baik karena laporan maupun karena adanya kesalahan informasi yang diterima peserta atau oleh rumah sakit. 

“Seperti penanganan kasus kanker yang dihentikan karena tidak ada lagi tindakan atau treatment medis yang bisa atau memungkikan untuk menolong pasien. Nah itu harus dijelaskan kepada peserta dan keluarganya,” kata Sudewi.

Pada saat yang sama, program sosialisasi digalang dengan tujuan kesadaran masyarakat untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan, baik secara mandiri ataupun formal melalui pemberi kerja. Program edukasi juga digencarkan agar peningkatan kesadaran masyarakat peserta untuk menerapkan pola hidup sehat. Di sisi lain, BPJS Watch menilai citra pelayanan BPJS Kesehatan masih belum menunjukkan perbaikan signifikan.

“Masih banyak pasien yang menanti lama untuk dioperasi di RS rujukan BPJS, sulit mencari ruang perawatan, pasien disuruh beli obat atau darah sendiri. Itu jadi kendala masyarakat menengah ke atas untuk jadi peserta BPJS Kesehatan,? kata Timboel Siregar dari BPJS Watch. (ant)


Tingkat Kepuasan Pelanggan 79 Persen

Rabu, 03/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.