Rabu, 31/01/2018

Pelaporan Keuangan Harus Sesuai Fakta Lapangan

Rabu, 31/01/2018

RAKOR: Pemkab Kubar membahas LKPj 2017. (Foto: imr/korankaltim.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pelaporan Keuangan Harus Sesuai Fakta Lapangan

Rabu, 31/01/2018

logo

RAKOR: Pemkab Kubar membahas LKPj 2017. (Foto: imr/korankaltim.com)

SENDAWAR–Menyikapi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kutai Barat (Kubar) tahun anggaran 2017 lalu, Pemkab Kubar melakukan rapat presentasi bersama para Kepala Dinas/Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian, kepala seksi, untuk menyikapi agar kerja dan kinerja OPD di lingkup Pemkab Kubar pada 2018 ini sinkron dan berjalan baik.

Bupati Kubar FX Yapan melalui Asisten I Setkab Kubar Silas Sinar mengatakan, dalam Rakor itu mendengarkan presentasi (paparan) setiap OPD, yakni pertanggungjawaban pembangunan sesuai anggaran yang sudah dilaksanakan di 2017.

“Diharapkan data yang dipaparkan di dalam buku LKPj 2017  adalah data riil dan bukan data asumsi,” urai Silas dalam rakor yang dilaksanakan di Kantor Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) di Sendawar, Selasa (30/1).

Dia menegaskan, pembiayaan daerah yang terserap melalui dinas yang ada di lingkup Pemkab Kubar, di dalam pelaporannya yang masuk ke LKPj harus sesuai dengan fakta lapangan. Sehingga, sebelum pelaporan, agar diperiksa  secara teliti terhadap nilai (nominal) angka yang menjadi sasaran pembangunan.

“Misalnya saja presentasi  pembangunan kemasyarakatan di bidang tenaga kerja, angkatan kerja ada perubahan-perubahan per tahun, mesti disesuaikan lagi dengan dinas terkait yang menangani ketenagakerjaan,” ucap Silas.

Dia menambahkan, pembiayaan daerah untuk penyertaan modal (investasi) masih perlu disesuaikan dengan data terbaru dari OPD terkait. Hal itu sebagai informasi dan menjadi hasil untuk pembahasan bersama DPRD.

“Termasuk aset Pemkab Kubar, terhadap nilai nominal menjadi sasaran DPRD, perlu dicermati agar di dalam penulisan dan narasi mesti sinkron,” pungkasnya.

Asisten III Setkab Kubar Aminuddin menambahkan, pada tahun ini diharapkan semua tim bias konsisten dengan jadwal dalam penyempurnaan penulisan buku LKPj. 

“Harus selesai tepat waktu,  masih ada rapat berikutnya, dilakukan lagi koreksi penulisan narasi LKPj. Dalam penulisan narasi LKPj digunakan angka ketergantungan data dari 2013-2017.  Sehingga semua data dalam LKPj sinkron,” jelasnya.

Dalam rakor itu dibahas seluruh laporan dari dinas/badan/instansi terkait dilingkup Pemkab Kubar yang menggunakan anggaran dalam pembangunan Kubar tahun 2017 lalu. Intinya, agar LKPj Bupati Kubar pada 2018 sinkron, sesuai anggaran yang digunakan setiap OPD sepanjang tahun berjalan.

Hadir dalam Rakor itu Kepala BP3D Kubar Achmad Sofyan, serta Kepala Bagian Pembangunan Setkab Kubar, serta seluruh bagian dan seksi instansi terkait dilingkup Pemkab Kubar. (imr)


Pelaporan Keuangan Harus Sesuai Fakta Lapangan

Rabu, 31/01/2018

RAKOR: Pemkab Kubar membahas LKPj 2017. (Foto: imr/korankaltim.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.