Senin, 03/07/2017

Jembatan Mahkota II Tetap Dibuka

Senin, 03/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jembatan Mahkota II Tetap Dibuka

Senin, 03/07/2017

logo

SAMARINDA – Warga Samarinda sempat dibuat gempar dengan penampakan retaknya Jembatan Mahkota II. Bahkan, foto retakan di badan jembatan ini sudah menyebar luas di dunia maya sejak, Sabtu (1/7) malam. Dari foto yang tersebar, sekilas nampak jelas retakannya. Dikhawatirkan, retakan ini merupakan kerusakan fatal akibat pembangunan sehingga menimbulkan ketakutan.

Menjawab kekhawatian itu, Pemkot Samarinda melalui Wali Kota Syaharie Jaang langsung memerintahkan Dinas Perhubungan Samarinda untuk tidak membuka lintasan mahkota pada jam 06.00 Wita. Pesan wali kota, semua harus dipastikan menyangkut keretakan itu. Jika berbahaya jembatan pasti tak akan dibuka. Tapi, jika sama sekali tak mengganggu konstruksi perlu dipastikan kebenarannya.

Meninjau jembatan, tak ketinggalan turut serta konsultan proyek, Taufik Reynaldi. Ia mengaku dibuat gusar hingga tak bisa tidur hingga Minggu (2/7) pagi. 

Menerima ajakan pengecekan, Taufik Reynaldi bersama tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda memeriksa kondisi jembatan yang sudah dibangun sejak 14 tahun silam. 

Tinjauan kali ini dipimpin oleh Asisten II Sugeng Chairuddin. Wali Kota Jaang dan wakilnya Nusyirwan Ismail sedang izin berada di luar kota.

Hingga memasuki siang hari, tim pemeriksa jembatan menyimpulkan Mahkota II dalam kondisi aman. Retakan yang muncul hanya overlap atau tumpang tindih cor jembatan. Kepastian ini diambil setelah pemeriksaan tim di badan jembatan. Tim yang tak mau kecolongan, melakukan penyusuran menggunakan drone untuk menangkap hasil gambar dengan resolusi tinggi.

“Makanya overlap itu seolah terlihat retak padahal itu hanya overlap dan itu tidak membahayakan. Makanya setelah tinjauan jembatan langsung kami buka lagi seperti biasa,” kata Taufik.

Hasil tinjauan Minggu kemarin, juga telah dilaporkan kepada Komisi Keamanan Jembatan Terowongan dan Jalan (KKJTJ). Sehingga Taufik pun menjamin gambar yang telah beredar di media sosial tak perlu ditanggapi secara berlebihan.

“Justru kami berterima kasih karena ada warga yang mengingatkan. Namun tidak perlu dibesar-besarkan karena sekarang sudah jelas tidak ada yang retak, kalau hanya overlap itu tidak masalah bukan gangguang struktur jembatan tapi estika (keindahan) jembatan saja yang berkurang. Nanti akan kami ingatkan kepada kontraktor agar segera dirapikan lagi,” jelasnya.

Sementara itu Asisten II Sekkot Samarinda, Sugeng Chairuddin menyampaikan hal serupa dengan Taufik.

“Jembatan akan dibuka seperti biasa dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore karena berdasarkan hasil tinjauan tidak ada yang retak. Kalaupun ada yang sudah menyebarkan gambar Mahkota II yang seolah-olah retak ya biarkan saja, justru kami berterima kasih karena ada masyarakat yang peduli dengan pembangunan pemerintah,” pungkas Sugeng. (ms)


Jembatan Mahkota II Tetap Dibuka

Senin, 03/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.