Senin, 03/07/2017

Pemkab Bakal Luncurkan Aplikasi Berbasis Android

Senin, 03/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemkab Bakal Luncurkan Aplikasi Berbasis Android

Senin, 03/07/2017

TANA PASER – Guna percepatan pembangunan daerah dalam rangka pelayanan maksimal kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melakukan pengembangan Elektronik Goverment (E-gov) atau pelayanan berbasis elektronik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Aji Sayid Fathur Rahman mengatakan saat ini masih dikerjakan master plan-nya oleh pihak ketiga. “Saat ini, E-gov tengah disusun master plan-nya oleh pihak ketiga,” ungkapnya, kemarin.

Dengan master plan, lanjut ia, pihaknya jadi mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan Egov di Kabupaten Paser. “Master plan ini, untuk mengetahui yang kita punya apa, dan yang perlu dikembangkan atau dibuat lebih lanjut apa,” ucapnya.

Dikatakan, selain tengah mengerjakan master plan E-gov, pihaknya juga sedang mengerjakan sejumlah aplikasi untuk mendukung pengembangan E-gov di Kabupaten Paser. “Sementara master plan masih dikerjakan, sekaligus sedang dirancang sebanyak lima aplikasi nanti yang akan kita launching dalam beberapa bulan ke depan untuk menunjang E-gov. Alikasi nantinya akan berbasis android,” ujarnya.

Dijelaskan aplikasi yang akan diluncurkan melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) nantinya digunakan dalam membantu pelayanan birokrasi kepada masyarakat, baik yang bersifat untuk membantu pelayanan maupun mempermudah kinerja aparatur pemerintah. “Untuk menunjang E-gov, jadi DKISP dalam beberapa bulan ke depan akan meluncurkan sejumlah aplikasi. Misalnya saja, aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengurangi penggunaan kertas dalam administrasi pemerintahan. Jadi, semua dokumen termasuk surat-menyurat akan menggunakan komputer,” paparnya.

Selain itu, Sekda menerangkan, bahwa pihaknya juga telah merencanakan akan meluncurkan aplikasi yang diberi nama ‘Sapa Paser’. Aplikasi tersebut bakal memungkinkan masyarakat untuk bertanya langsung semua hal terhadap kepentingan atau keperluannya kepada pemerintah. “Nah, yang paling menarik rencananya kita juga akan meluncurkan aplikasi Sapa Paser, yang akan dikelola oleh DKISP. Jadi, nantinya apa yang akan dipertanyakan oleh masyarakat akan masuk ke DKISP, kemudian DKISP akan menditribusikannya kepada SKPD terkait untuk menjawabnya,” urainya.

Mengingat kemampuan anggaran daerah yang masih serba sulit, Aji Sayid Fathur Rahman mengatakan, bahwa hanya master plan E-gov yang dipihak ketigakan. Sedangkan apikasi penunjangnya, termasuk aplikasi Sapa Paser dikerjakan sendiri.

“Karena kondisi keuangan kita masih sulit, makanya hanya master plan yang kami pihak ketigakan. Sedangkan untuk beberapa apikasi yang akan dilounching, hanya dikerjakan oleh tim pegawai di lingkup Pemkab Paser,” pungkasnya. (sur)


Pemkab Bakal Luncurkan Aplikasi Berbasis Android

Senin, 03/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.