Jumat, 02/06/2017

BI Kembangkan Klaster Bawang Merah di PPU

Jumat, 02/06/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

BI Kembangkan Klaster Bawang Merah di PPU

Jumat, 02/06/2017

logo

ILUSTRASI

PENAJAM - Klaster bawang merah yang bakal dibangun oleh Bank Indonesia (BI) nantinya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Demikian diungkapkan Bupati PPU, H Yusran Aspar, usai melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Indonesia terkait pembangunan klaster bawang merah, kemarin.

“Saya berharap pengembangan klaster bawang merah ini dapat memenuhi ketercukupan komoditi ini di PPU khususnya dan Kaltim pada umumnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” ujar Yusran. 

Ia menjelaskan, agar program ini dapat berjalan dan berhasil guna,  maka dalam pelaksanaannya,  Pemkab PPU akan bersinergi dengan BI selaku pengembang klaster bawang merah di wilayah PPU tersebut. 

“Kami menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan kepedulian BI dalam pengembangan klaster bawang merah itu  sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi di daerah PPU,”ucapnya.. 

Sementara itu,  Kepala Perwakilan BI Cabang Balikpapan,  Suharman Tabrani mengungkapkan pembangunan klaster bawang merah tersebut merupakan bagian dari upaya BI untuk pengendalian inflasi dan juga pemberdayaan masyarakat. 

“Kami menilai Kabupaten PPU khususnya di  Desa Rintik, Kecamatan Babulu  memiliki potensi sumber daya yang baik untuk mengembangkan program ini,  terbukti telah mampu dikembangkannya bawang merah secara alami di daerah itu,” ungkap Suharman.

Dibeberkannya, pengembangan klaster bawang merah ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu tiga tahun mulai dari proses produksi, pendampingan, sampai dengan pemasaran. Pada awal Juni 2017, BI juga akan memberangkatkan 10 orang petani dan petugas lapangan ke training centre bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Pengembangan klaster ini dilaksanakan dalam kurun waktu tiga tahun, sejak proses produksi, pendampingan, sampai dengan pemasaran. Selain itu kami juga bakal mengirimkan 10 orang perwakilan petani dan petugas lapangan mengikuti  diklat di training centre bawang merah Kabupaten Brebes,”pungkasnya. (nav) 


BI Kembangkan Klaster Bawang Merah di PPU

Jumat, 02/06/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.