Rabu, 05/07/2017

Tari Ronggeng Paser Masuk Nominasi API 2017

Rabu, 05/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tari Ronggeng Paser Masuk Nominasi API 2017

Rabu, 05/07/2017

TANA PASER – Pada ajang nasional, yakni Festival Pariwisata Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, kesenian budaya tradisonal Bumi Daya Taka (sebutan lain Kabupaten Paser) masuk nominasinya untuk kategori seni budaya. Ialah, Tari Ronggeng Paser.

Untuk diketahui, tarian Ronggeng Paser menjadi ciri khas kesenian Kabupaten Paser. Tarian ini merupakan kesenian tradisional daerah pesisir Paser yang termasuk kedalam kelompok Tari Gembira atau Tari Pergaulan dengan diiringi lagu ronggeng dan petikan gambus.

Biasanya, Tari Ronggeng Paser ditampilkan pada saat acara resmi untuk menyambut tamu kerajaan. Langkah ayunan kaki yang lemah gemulai penarinya sembari menggerakkan selendang dan sapu tangan seakan mengajak orang untuk menari serta bergembira bersama.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Paser Ishak, Tari Ronggeng Paser masuk di ajang API 2017 bersama enam nominasi lainnya untuk wilayah Kaltim. 

“Untuk wilayah Kaltim sendiri, ada enam nominasi yang masuk API 2017. Termasuk salah satunya, adalah Tari Rongeng Paser yang merupakan tarian khas Paser,” kata Ishak, kemarin.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Paser turut berperan aktif dengan mengirimkan short message service (SMS) dukungan. “Mari berikan dukungan untuk Ronggeng Paser melalui SMS, dengan cara ketik API (spasi) 7E kirim ke 99386,” ucapnya.

Dikatakan, API merupakan rangkaian kegiatan tahunan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap sektor pariwisata Indonesia dan mendorong peran serta berbagai pihak untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Selain vote melalui SMS, dukungan juga bisa dilakukan via website: http://anugerahpesonaindonesia.com. Pemungutan vote dimulai sejak 1 juni hingga 31 Oktober 2017,” ujarnya.

Imbauan atau ajakan dukungan Tari Ronggeng Paser pada ajang API 2017 juga datang dari Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie. Guna menjadi nominator terbaik di event nasional tersebut. “Ayoo...! Kita dukung Ronggeng Paser untuk bisa menang di API 2017 ini. Dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Paser, akan sangat menentukan nama baik seni budaya tradisional Paser di ajang nasional,” kata Yusriansyah.

Selain mengajak masyarakat, Bupati juga berharap peranan media daerah untuk ikut serta mempromosikan masuknya Tar Ronggeng Paser pada API 2017. Sehingga, seluruh lapisan masyarakat Paser dimanapun berada, baik di Paser maupun di perantauan dapat memberikan dukungannya. 

“Masyarakat Paser di manapun, jangan sampai lupa vote destinasi seni budaya Paser. Yakni Ronggeng Paser, yang menjadi salah satu nominasi API 2017 Kaltim,” harapnya. (sur)


Tari Ronggeng Paser Masuk Nominasi API 2017

Rabu, 05/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.