Jumat, 07/07/2017

Harga Sembako Kembali Normal

Jumat, 07/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Harga Sembako Kembali Normal

Jumat, 07/07/2017

SANGATTA – Setelah sempat terjadi kenaikan harga sembako secara mendadak pasca lebaran Idul Fitri 2018, kini harga sembako di sejumlah pasar Sangatta Kabupaten Kutim telah kembali normal. Kenaikan harga sembako tampaknya sudah menjadi tradisi di sela-sela hari besar, seperti lebaran, bulan puasa dan tahun baru. Kenaikan harga sembako tersebut selalu meresahkan masyarakat, sebab pembeli merasa cukup rugi dengan mekanisme pasar yang demikian.

Salah satu pedagang di Pasar Sangatta Selatan, Nawan, mengaku mengeluh dengan kenaikan harga disetiap momen-momen tersebut. Menurutnya, kenaikan harga ini hanya menguntungkan para pengusaha tertentu saja, sedangkan pedagang kecil dan konsumen menjerit.

“Ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dicari penyebab dan solusinya. Karena perubahan harga dianggap tak wajar. Mulai dari secara mendadak dan terlampau tinggi. Kasihan kami sebagai pedagang dan sekaligus pembeli,” katanya.

Hal ini dibenarkan Kepala UPTD Pasar Induk Sangatta (PIS), Bohari. Ia mengaku terjadinya lonjakan hanya di momen tertentu saja. Ini semua merupakan permainan pasar. Pada saat itu mekanisme pasar berlaku.

“Bisa juga banyaknya permintaan membuat kelangkaan. Jika langkah maka harga akan naik. Seperti itulah hukumnya. Tetapi pada saat terpenuhi semua, maka akan kembali normal. Begitupun disaat tertentu seperti lebaran. Kalau naik hanya sementara saja. Selepas itu normal lagi,” papar Bohari.

Seperti saat ini, lanjutnya, harga sembako kembali normal. Padahal sebelumnya mengalami lonjakan yang signifikan. Lombok contohnya. Sebelum lebaran tembus Rp150 ribu, kini hanya Rp40 ribu perkilo. “Hampir 60 jenis produk dan 28 jenis barang, nyaris normal seluruhnya. Naiknya hanya pada saat lebaran kemarin saja. Setelahnya normal kembali,” jelas Bohari.

Bahkan ada yang mengalami penurunan. Seperti beberapa jenis cabe dan sayuran. Yang sedikit naik seperti ikan. Itupun tidak terlampau signifikan. “Naiknya perkiraan antara seribu hingga 5 ribu saja. Tetapi memang keadaan ikan saat ini sangat kurang. Salah satunya masalah gelombang,” katanya. (yul1116)


Harga Sembako Kembali Normal

Jumat, 07/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.