Jumat, 29/06/2018

KPU Kukar : Partisipasi Masyarakat Meningkat

Jumat, 29/06/2018

JUNAIDI SAMSUDDIN

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

KPU Kukar : Partisipasi Masyarakat Meningkat

Jumat, 29/06/2018

logo

JUNAIDI SAMSUDDIN

TENGGARONG - Tingkat kesadaran warga Kutai Kartanegara untuk menggunakan hak pilihnya semakin meningkat. Buktinya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, 27 Juni lalu, partisipasi warga mecapai 61,24 persen.

Persentasi ini bisa saja bertambah mengingat masih ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kukar belum mengirimkan data partisipasi warga. “Hingga siang ini partisipasi masyarakat mencapai 61,24 persen,” kata Junaidi Samsuddin, Ketua KPU Kukar.

Menurutnya, hingga Kamis siang kemarin, baru ada 1.257 dari 1.562 TPS sebagai Kukar yang menyetor data ke KPU atau sekitar 80,47 persen. “Kalau semua data masuk, ada kemungkinan jumlah partisipasi warga meningkat,” harapnya.

Dari data itu, pemilih perempuan paling banyak menggunakan hak pilihnya. Dari 177.993 pemilih perempuan ada 114.119 yang menggunakan hak pilihnya atau 64,11 persen. Sedangkan pemilih laki-laki 193.136 orang, yang menggunakan hak pilihnya 111.170 atau 57,56 persen.

Jumlah ini sendiri lebih baik dibanding partisipasi warga pada pemilihan Bupati Desember 2015 silam yang hanya 58,9 persen. “Kalau sementara ini, pemilih mengalami kenaikan, tapi kan belum masuk semua TPS,” ungjapnya.

Upaya KPU sendiri agar warga Kukar bisa menyalurkan suaranya di Pemilu memang gencar dilakukan melalui sosialisasi baik dengan komunitas hingga pagelaran seni. “Untuk sosialisasi memang banyak dilakukan, mudahan semakin baik ke depan,” beber Junaidi.

Meski demikian, kata dia, KPU hanya bertindak sebagai penyelenggara sehingga tidak bisa memaksa warga untuk menggunakan hak pilihnya. “Kita nggak bisa memaksa karena itu hak warga juga,” terangnya. 

Sementara Kantor Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kukar menyebut partisipasi pemilih mencapai 70 persen atau mendekati target nasional yakni 77,75 persen. 

Namun, karena di bawah dari terget, Kesbangpol tetap akan melakukan evaluasi. “Tentu akan dievalusasi hal-hal yang kami (Kesbangpol, Red) anggap belum optimal, seperti tingkat partisipasi pemilih,” kata Plt Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti.

Angka partisipasi pemilih tersebut, lanjut Rinda, tentunya merupakan angka yang akan terus tumbuh hingga Kesbangpol Kukar selesai melakukan input data-data pemilihan. “Untuk data yang dihimpun Desk Pilkada Kukar belum terinput semua, angka partisipasi di Kukar tentunya terus bertambah hingga kami selesai mengimput data kemungkinan besok (hari ini, Red) sudah selesai,” demikian Rinda. (ami/rf218)

KPU Kukar : Partisipasi Masyarakat Meningkat

Jumat, 29/06/2018

JUNAIDI SAMSUDDIN

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.