Kamis, 25/05/2017

Pemkot Bandung Berencana Ganti Semua Desain "Zebra Cross"

Kamis, 25/05/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Pemkot Bandung Berencana Ganti Semua Desain "Zebra Cross"

Kamis, 25/05/2017

logo

BANDUNG, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan Kota Bandung mewacanakan akan mengganti semua desain zebra cross dengan aneka gambar unik.

Hal itu dilakukan untuk menambah daya tarik warga agar mau menyeberang di titik yang sudah disiapkan.

Saat ini, Dishub Kota Bandung telah membuat zebra cross dengan ragam desain menarik, seperti angklung, ular tangga, suling, dan permainan sondah di sejumlah titik keramaian di Kota Bandung.

Baca juga: Kota Bandung Punya "Zebra Cross" Unik

Kepala Dishub Kota Bandung, Didi Ruswandi, mengatakan, pembuatan zebra cross berdesain unik itu dilatarbelakangi banyaknya warga yang menyeberang jalan sembarangan.

"Sebenarnya kemarin itu banyak orang yang nyeberang sembarangan walaupun di dekatnya ada zebra cross. Jadi, ini upaya untuk mencari daya tarik baru supaya orang mau menyeberang pada tempatnya. Poin utamanya itu," ucap Didi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (27/12/2016).

Selain itu, adanya desain zebra cross unik diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan para pemilik kendaraan yang sering kali kurang menghargai para pejalan kaki.

Dishub Kota Bandung akan meminta riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengukur dampak dari keberadaan zebra cross unik itu. Jika dirasa lebih banyak manfaatnya, Didi mengaku akan mengganti desain zebra cross "jadul" dengan gambar lebih unik dan modern.

"Kita juga sudah minta ITB melakukan riset apakah dengan zebra cross, minat penyeberang menjadi meningkat; apakah kendaraan bisa lebih hati-hati dan menghormati pejalan kaki. Kalau misalnya hasilnya berbeda lebih signifikan, kemungkinan akselerasinya bisa lebih cepat. Makanya kita tunggu hasil itu dulu (riset)," ujarnya.

Pemkot Bandung Berencana Ganti Semua Desain "Zebra Cross"

Kamis, 25/05/2017

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.