Jumat, 16/11/2018

Desa Melintang Tidak Lagi Terisolir Berkat Kerja Keras TNI

Jumat, 16/11/2018

Sejumlah prajurit Satgas TMMD ke-103 Tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong bekerja keras memancang tongkat jembatan sepanjang 1.100 meter yang membelah Danau Melintang, Kecamatan Muara Wis. (ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Desa Melintang Tidak Lagi Terisolir Berkat Kerja Keras TNI

Jumat, 16/11/2018

logo

Sejumlah prajurit Satgas TMMD ke-103 Tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong bekerja keras memancang tongkat jembatan sepanjang 1.100 meter yang membelah Danau Melintang, Kecamatan Muara Wis. (ist)

SUARA knalpot sepeda motor memecah keheningan di tengah-tengah Danau Melintang, Selasa, 13 November 2018 lalu. Puluhan orang lalu-lalang melintas di atas jembatan ulin sepanjang 1.100 meter yang membentang di atas danau itu. Mereka mengarah ke satu tujuan; Lapangan Garuda di Desa Muara Wis, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Desa Muara Wis, Ibukota Kecamatan Muara Wis, menjadi pusat penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong yang dilaksanakan di Desa Melintang, sekitar 12 kilometer dari ibukota kecamatan penghasil ikan air tawar terbesar di Kutai Kartanegara itu.

Di lokasi acara, ribuan orang menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono. Ratusan pelajar, mulai dari SD hingga SMA berjejer di kanan kiri jalan dengan bendera Merah Putih di tangan mereka.

Di antaranya yang hadir adalah Yadi. Warga Desa Melintang ini tak mau ketinggalan meramaikan puncak TMMD tahun ini. Ia bahkan datang ke lokasi acara sebelum matahari bersinar penuh. Kehadiran di acara itu sebagai cara dia mengekspresikan rasa terima kasihnya atas kerja keras TNI membangun jembatan sepanjang 1.100 meter yang menghubungkan Desa Melintang ke Desa Sebemban.

Desa Melintang dengan populasi 1.788 (data Pemcam Muara Wis per Oktober 2018)  memang termasuk desa beruntung. Berkat program ekslarasi yang digagas TNI AD, desa itu kini tidak dari terisolir.

Desa Melintang berdiri seratusan tahu lalu. Desa ini berangsur ramai setelah kedatangan penduduk dari Kalimantan Selatan yang mengadu nasib sebagai nelayanan di danau terbesar ketiga di Kalimantan Timur itu,  setelah Danau Jempang dan Danau Semayang.

TMMD ke-103 digelar serentak secara nasional dengan tajuk "TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa yang Maju Sejahtera dan Demokratis". Kegiatan itu bertujuan membentuk kesejahteraan dan pemahaman demokrasi kepada masyarakat.

Tak kurang dari 50 desa di 50 kabupaten masuk dalam program TMMD ke-103 ini. Target TNI AD membangun 52 kilometer jalan baru (termasuk jembatan) dan 326 kilometer peningkatan badan jalan terpenuhi.

Selain pembangunan infrastruktur, TMMD juga menyasar kegiatan non fisik, seperti penyuluhan dan layanan kesehatan serta bakti sosial.

KASAD Jenderal TNI Mulyono mengatakan kegiatan ini sudah terkoordinir, terpadu, dan terkoordinasi dengan kepentingan rakyat. TMMD yang digelar setiap tahun juga selaras dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo: Membangun Indonesia dari Pinggiran.

Di Desa Melintang, kehadiran Satgas TMMD ke-103 Kodim 0906/Tenggarong disambut suka cita masyarakat. Mereka sadar kehadiran TNI bisa menebas keterisoliran infrastruktur dan wawasan.

Tanpa diminta, warga secara swadaya turut membantu TNI membangun jembatan ulin dengan medan super berat tersebut. Mulai dari distribusi logistik 400 kubik kayu, hingga tancapan paku terakhir, warga dilibatkan.

Camat Muara Wis, Arianto mengatakan, dahulu Desa Melintang hanya bisa diakses menggunakan jalur air. Ketinting atau ces--sebutan masyarakat sekitar-- menjadi penopong andalan untuk menjangkau desa-desa tetangga atau ke ibu kota kecamatan hingga ke kota.

Kini, setelah jembatan itu rampung dibangun, masyarakat bisa ke mana saja. Hadirnya jembatan praktis memberikan efek positif, produk olahan dan hasil tangkapan nelayan tak lagi dijual murah karena pemasaran kian mudah. Anak-anak yang menempuh pendidikan di SMAN 1 Muara Wis juga tak perlu takut terlambat ke sekolah.

"Masyarakat kami merasa bahagia dan senang dengan program ini, karena selama ini mereka terisolir. Tidak adanya akses masuk dan keluar selain menggunakan perahu. Dengan jembatan 1.100 meter ini mempermudah akses mereka masuk dan keluar," ungkap Arianto.

Kepala Desa Melintang, Muhdi berkata Desa Melintang dulunya terkenal dengan sebutan 3T (Terpencar, Tertinggal, dan Terisolir). Desa Melintang juga tergolong desa tertinggal di Kecamatan Muara Wis menurut Indeks Desa Membangun.

Namun, kini paradigma itu tidak lagi melekat. Desa Melintang mulai bangkit mengejar ketertinggalan setelah terkoneksinya pemukiman dan jembatan ulin sepanjang 1.100 meter dengan lebar 4 meter, hasil kerja keras TNI, Polri, dan masyarakat. "Kami sangat terbantu," ungkap Mahdi.

Jembatan yang membentang di tengah danau ini tergolong unik. Maka tak mustahil, jembatan itu akan menjadi objek wisata baru di kawasan hulu Mahakam. Bila benar, kerja keras TNI akan memberikan multi efek terhadap pertumbuhan perekonomian bagi warga di wilayah itu.

PERPISAHAN YANG MENGHARUKAN

Keakraban warga Desa Melintang dengan prajurit TNI betul-betul terjalin layaknya keluarga. Selama beberapa pekan, puluhan prajurit matra darat di bawah Komandan Satgas TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan  hidup membaur dengan warga. Mereka diberi tempat untuk tinggal di rumah-rumah penduduk. Sehingga wajar, warga berat berpisah dengan abdi negara yang paling dipercayai publik ini. (survei Charta Politica 2018).

"Awalnya kami takut akan kehadiran tentara, seperti mau perang. Tapi setelah kita tinggal satu atap, makan sama-sama, stigma TNI yang sangar ternyata tidak seperti yang kita pikirkan,” ungkap Ali, salah seorang warga yang rumahnya ditempati Satgas TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong.

Karena keramahan TNI itu pula, tak sedikit pemuda di Desa Melintang yang ingin mengabdikan diri mereka menjadi tentara. Keinginan itu direspon baik oleh Komandan Resort Militer 091/Aji Surya Natakusuma Brigjen TNI Irham Waroihan dan Komandan Distrik Militer 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan.

TMMD tahun ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan di Kecamatan Muara Wis. Pada 2016 lalu, melalui TMMD ke-97, TNI AD membangun jalan sepanjang 17.000 meter di Dusun Katibeh, Desa Muara Enggelam.

Yang membedakan, puncak TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong lebih meriah. Ada aksi terjun payung dari prajurit Kopassus, bakti sosial; pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan KB, pembagian sembako,  kaki palsu, dan hiburan rakyat bertabur doorproze. Kehadiran KASAD Jenderal TNI Mulyono juga menjadi magnet sehingga TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong benar-benar membekas di hati rakyat. (supiansyah)

Desa Melintang Tidak Lagi Terisolir Berkat Kerja Keras TNI

Jumat, 16/11/2018

Sejumlah prajurit Satgas TMMD ke-103 Tahun 2018 Kodim 0906/Tenggarong bekerja keras memancang tongkat jembatan sepanjang 1.100 meter yang membelah Danau Melintang, Kecamatan Muara Wis. (ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.