Jumat, 26/04/2019

Bontang Ingin Tiru Berau, Penyu Jadi Ikon Destinasi Wisata di Beras Basah

Jumat, 26/04/2019

Ilustrasi penyu

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bontang Ingin Tiru Berau, Penyu Jadi Ikon Destinasi Wisata di Beras Basah

Jumat, 26/04/2019

logo

Ilustrasi penyu

KORANKALTIM.COM, BONTANG - Pelepasliaran 11 ekor penyu  dan ikan Napoleon di Tobok Batang, perairan Kota Bontang dilakukan oleh Pemkot Bontang, serta Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Tarakan, BKSD Kaltim, dan PT. Pupuk Katim, Kamis (25/4/2019). 

Hal ini diharapkan dapat menunjang destinasi pariwisata baru di Kota Bontang.

Pemerintah Kota Bontang berharap agar Bontang memiliki pariwisata laut seperti Kabupaten Berau yang memiliki daya tarik wisata berupa penyu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKPPP) Bontang, Aji Erlinawati mengatakan, tempat  pelepasan penyu dekat dengan Pulau Beras Basah, di terumbu karang buatan.

Jika nantinya penyu tersebut dapat berkembang biak, pastinya kawasan Pulau Beras Basah menjadi habitatnya.

“Semoga dengan melepaskan Penyu ini mereka bisa berkembang biak, dan Beras Basah bisa menjadi habitatnya sehingga Bontang juga memiliki tempat wisata Penyu seperti Berau,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya di perairan Bontang belum ada ditemukan Penyu, kemungkinan Penyu itu berasal dari luar perairan Bontang atau Penyu yang bermigrasi.

“Saya baru tahu kalau Bontang punya Penyu, itu karena ada nelayan yang dapat, ya semoga saja keberadaan Penyu dapat menyadarkan masyarakat, bahwa sangat jarang ditemui, untuk itu kita dapat bersama sama menjaganya,” katanya.

Sebelumnya Penyu didapatkan oleh nelayan yang hendak mengonsumsi tapi berhasil diselamatkan oleh nelayan koperasi atau nelayan binaan perusahaan yang ada di Kota Bontang. Sebelum pelepasliaran, penyu ini terlebih dahulu dipulihkan. 

Selain penyu, Pemkot Bontang juga melakukan pelepasliaran 5 ikan Napoleon. Ikan ini sangat dilindungi lewat Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 37 Tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Ikan Napoleon.


penulis: */cholisoh

Editor: M.Huldi

Bontang Ingin Tiru Berau, Penyu Jadi Ikon Destinasi Wisata di Beras Basah

Jumat, 26/04/2019

Ilustrasi penyu

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.