Jumat, 31/05/2019

Parkir Liar di Pasar Pagi jadi Biang Kemacetan

Jumat, 31/05/2019

Lokasi parkir di pasar pagi samarinda ( Foto: Google maps )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Parkir Liar di Pasar Pagi jadi Biang Kemacetan

Jumat, 31/05/2019

logo

Lokasi parkir di pasar pagi samarinda ( Foto: Google maps )

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Parkir liar di kawasan Jalan Yos Sudarso selama ini diperkirakan jadi faktor utama kemacetan yang kerap terjadi di daerah Pasar Pagi. Hal tersebut kemudian menuntut peran Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda untuk lebih giat dalam menertibkan parkir liar dikawasan tersebut. 

Kepala seksi (kasi) Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda, Zulsyan Khaidir, meminta seluruh personel untuk siaga menertibkan parkir liar dan arus lalu lintas mulai dari pukul 09-15.00 WITA. “Sebenarnya kemacetan tidak pernah sampai menumpuk begini, namun memasuki bulan Ramadan kawasan ini semakin padat lalu lintasnya. Sementara pengaturan parkirnya bisa sampai dua lapis makanya kami turunkan personel lebih banyak dari hari biasanya,” ujar Zulsyam Selasa kepada korankaltim.com beberapa waktu lalu.

Sebelum bulan puasa, kawasan parkir Pasar Pagi telah dijaga oleh satu juru parkir (jukir) resmi dari Dishub Samarinda. Sedangkan sisi pasar pagi lainnya diatur oleh dua jukir binaan Dishub Samarinda. Kendati demikian beberapa personel dari Dishub sendiri juga memantau sejumlah titik di kawasan Pasar Pagi, guna memastikan arus lalu lintas.

Tak hanya dari segmen dekat sungai (Pasar Pagi Laut,Red) Pasar Pagi sisi darat Jalan Panglima Batur juga kerap menjadi perhatian Dishub Samarinda. Bahkan saat ini sudah ada 4 jukir resmi dan jukir binaan 2 yang mengatur perparkiran khusus di kawasan perbelanjaan tersebut. “Memang kawasan ini tidak sepadat di sisi sungai, namun tetap saja kami  harus memberikan pengawasan di kawasan Pasar Pagi, karena di kawasan ini sangat rentan macet apalagi sudah menjelang lebaran,” jelasnya.

Tak hanya urusan parkir, jelang Hari Raya Idul Fitri ini, pihak Dishub Samarinda juga diminta untuk lebih siaga di setiap posko angkutan umum terpadu. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya keluhan dari masyarakat baik Samarinda maupun dari luar kota yang hendak melakukan mudik lebaran.

Selain itu Dishub Samarinda juga diminta memberikan pengawasan terjadai arus lalu lintas guna mengurangi potensi kejadian yang dapat menggangu ketertiban lalu lintas.

“Kalau posko kami ada di kantor Dishub sendiri (Jalan MT Haryono). Sedangkan kalau posko terpadunya banyak salah satunya untuk tahun ini kita ada buka juga di seputaran kawasan Alaya. Ini penting untuk memudahkan pemudik yang mengarah ke Bandara APT Pranoto,” pungkas Zulsyam. (*)


Penulis: */Permata S Rahayu

Editor: Aspian Nur

Parkir Liar di Pasar Pagi jadi Biang Kemacetan

Jumat, 31/05/2019

Lokasi parkir di pasar pagi samarinda ( Foto: Google maps )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.