Senin, 26/08/2019

Pemkab Kutim Rasionalisasi APBD-P 2019

Senin, 26/08/2019

Sekretaris Daerah (Sekda), Irawansyah

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemkab Kutim Rasionalisasi APBD-P 2019

Senin, 26/08/2019

logo

Sekretaris Daerah (Sekda), Irawansyah

KORANKALTIM.COM, SANGATTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur memproyeksikan APBD perubahan (APBD-P) 2019 mengalami peningkatan. Hanya saja peningkatan tersebut tidak berdampak terhadap anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pasalnya nilai rasionalisasi di sejumlah OPD lebih kecil meski nilainya dari sebelumnya.

Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Irawansyah. Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur dan seluruh OPD diharapkannya segera menindaklanjuti hasil penetapan APBD Perubahan Kutim Tahun 2019, dengan melakukan penginputan program kegiatan masing-masing OPD. “Bappeda harus segara melakukan penginputan kegiatan-kegiatan yang sudah disetujui termasuk  kegiatan apa saja yang terkena rasionalisasi dan kegiatan apa saja yang tetap akan dikerjakan,” ungkap Irawansyah yang juga ketua TAPD.

Rasionalisasi atau penyesuaian anggaran di sejumlah OPD nilai rasionalisasinya kisaran 10 persen hingga 25 persen pada setiap OPD. Nilai pemangkasan sedikit lebih kecil dari rencana awal nilai rasionalisasi anggaran kegiatan yang ditetapkan Pemkab Kutim, sebesar 36 persen.

APBD Kutim Tahun 2019 pada APBD – Perubahan, bertambah pendapatan sebesar Rp191,34 miliar dari APBD murni sebesar Rp3,35 triliun sehingga menjadi Rp3,55 triliun. 

Meningkatnya pendapatan dan APBD Perubahan Pemkab Kutim seharusnya tidak ada rasionalisasi atau pengurangan anggaran namun berbagai pertimbangan rasionalisasi tetap dilaksanakan meski berkurang dari wacana sebelumnya. (*)


Penulis: */Zulhamri

Editor: Aspian Nur

Pemkab Kutim Rasionalisasi APBD-P 2019

Senin, 26/08/2019

Sekretaris Daerah (Sekda), Irawansyah

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.