Rabu, 11/09/2019

Pertahankan Lumbung Pangan, Petani Jangan Jual Lahan Sawah

Rabu, 11/09/2019

Syamsuddin Alie

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pertahankan Lumbung Pangan, Petani Jangan Jual Lahan Sawah

Rabu, 11/09/2019

logo

Syamsuddin Alie

KORANKALTIM.COM, PENAJAM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara meminta pemerintah maupun para petani untuk meningkatkan lahan pertanian. Terutama setelah Presiden RI Joko Widodo menetapkan kabupaten ini menjadi salah satu kawasan ibu kota negara.

Anggota DPRD Penajam Paser Utara Dapil Waru-Babulu, Syamsuddin Alie ingin seluruh lahan pertanian dipertahankan lantaran daerah ini merupakan lumbung pangan.

Ia mengkhawatirkan dengan kehadiran IKN, sektor pertanian akan dialih fungsikan.

“Maka dari itu lahan pertanian berkesinambungan harus dipertahankan khususnya di Kecamatan Babulu,” kata Syamsuddin Alie, Selasa (10/9).

Selain itu, lahan pertanian yang potensinya masih minim harus dikembangkan agar masyarakat tetap bercocok tanam. Bahkan rencana untuk meningkatkan pengairan atau suplai air baku harus terus dilanjutkan.

“Kalau bicara pangan untuk Kaltim, kami sudah bisa surplus, makanya itu harus dipertahankan, bagaimanapun pertanian adalah sumber pencarian masyarakat, para petani harus diberikan pemahaman, jangan sampai sawah dijual,” ujarnya.

Pemerintah daerah maupun pusat juga diharapkan memberikan perhatian terhadap suplai air sehingga hasil pertanian alami peningkatan. Selama ini petani Kecamatan Babulu hanya mengandalkan tadah hujan.

“Wacana pemerintah untuk membangun bendungan Longkali dan Lambakan harus segera, sehingga kedepannya petani mampu menyuplai kebutuhan, kami pikir itu harus direalisasikan untuk memenuhi kebutuhan air baku masyarakat dan pertanian,” tutupnya. (*)


Penulis : */Erwin

Editor : Hendra

Pertahankan Lumbung Pangan, Petani Jangan Jual Lahan Sawah

Rabu, 11/09/2019

Syamsuddin Alie

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.