Jumat, 21/07/2017

Bekraf Sediakan Rp 6 Miliar

Jumat, 21/07/2017

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bekraf Sediakan Rp 6 Miliar

Jumat, 21/07/2017

logo

Ilustrasi

JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan tersedia Rp 6 miliar total dana akses permodalan nonperbankan yang diberikan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif di sektor kuliner dan aplikasi digital serta game developer melalui program bantuan insentif pemerintah (BIP).

Nilai tersebut, turun dari sebelumnya sebesar Rp 10,8 miliar karena adanya efisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017. “Total anggarannya dipotong karena efisiensi, karena memang diambil dari APBN 2017. Program ini sudah dianggarkan sejak awal,” kata Deputi Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo dalam jumpa pers “Bekraf Game Prime” di Jakarta, Jumat (21/7).

Fadjar menjelaskan program BIP yang baru dilaksanakan pada tahun pertama ini bertujuan memberi pendanaan kepada perusahaan rintisan startup company yang belum memiliki aset yang besar. BIP merupakan skema bantuan penyaluran modal nonperbankan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) berupa penambahan modal kerja dan investasi aktiva tetap yang difasilitasi Bekraf.

Pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan kapasitas bisnis maupun produksinya dalam bentuk penambahan modal melalui program tersebut. “Maksimal per penerima akan mendapat Rp 200 juta sesuai kebutuhannya. Nanti ada laporannya jadi bisa diawasi penggunaannya,” tuturnya.

Fadjar menuturkan saat ini program bantuan tersebut memang masih diberikan untuk dua subsektor ekraf, namun ke depan akan dikembangkan untuk subsektor lainnya. Pemilihan subsektor kuliner dan aplikasi digital dan game didasarkan pada kategori subsektor unggulan dan prioritas yang dikelompokkan Bekraf.

Subsektor kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan (craft) menjadi tiga subsektor unggulan. Sementara film, aplikasi digital dan game serta musik menjadi subsektor prioritas. Untuk mendapat akses permodalan BIP, pelaku usaha ekonomi kreatif dapat mendaftar secara daring (online) di situs resmi Bekraf yang dibuka mulai 13 Juli 2017 sampai penutupan pada 24 Juli 2017. (rol)

Bekraf Sediakan Rp 6 Miliar

Jumat, 21/07/2017

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.