Sabtu, 07/12/2019

Sengketa Tanah di Kubar Masih Cukup Banyak

Sabtu, 07/12/2019

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sengketa Tanah di Kubar Masih Cukup Banyak

Sabtu, 07/12/2019

logo

Ilustrasi

KORANKALTIM.COM, SENDAWAR – Selain mengurus permukiman dan kebersihan, Disperkimtan Kubar juga menangani bidang pertanahan di Kabupaten Kutai Barat, khususnya membantu menyelesaikan beberapa persoalan sengketa tanah, pengurusan dan penerbitan sertifikat tanah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Kutai Barat.

“Kita juga mengurusi pendaftaran tanah sistematik lengkap seperti pemberian 260 sertifikat tanah yang bersumber dari APBD, sementara untuk sumber APBN di kantor pertanahan nasional. Kasus persoalan sengketa tanah juga masih banyak yang terjadi dan masih dalam proses penyelesaian di bidang pertanahan ini,” kata Kepala Disperkimtan Kubar, Stefanus.

Persoalan sengketa tanah ini  yang terbanyak saat ini terjadi adalah antara warga dengan perusahaan. Lalu  antara warga dengan pemerintah. 

Namun, saat ini beberapa persoalan kasus tersebut sudah diselesaikan dan masih ada beberapa yang masih tahap penyelesaian. “Seperti kasus sengketa tanah antara perusahaan dan warga yang sempat dilaporkan kepada Presiden beberapa waktu lalu hingga kini sudah clear semua. Begitu juga dengan sengketa tanah yang terjadi dengan pihak perwakilan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) juga sudah tahap penyelesaian,” tambahnya.

 Adapula persoalan sengketa tanah yang timbul akibat pemekaran wilayah yang terjadi beberapa waktu lalu. Seperti tanah dan bangunan SD 002 Joleq kecamatan Sekolaq Darat yang terdapat di kampung Sumber Sari Kecamatan Barong Tongkok dan puskesmas Melak yang saat ini berada di Kecamatan Sekolaq Darat.

“Untuk SD 002 Joleq, kita koordinasi dengan Disdikbud Kubar karena walaupun berada di Kecamatan Barong Tongkok namun pembinaannya masih dilakukan dan termasuk di kecamatan Sekolaq Darat, begitu pula halnya dengan Puskesmas Melak yang ada di Kecamatan Sekolaq Darat. Untuk itu kita serahkan kepada instansi terkait untuk bisa membantu mengenai masalah pembinaannya. Dan juga kita berkoordinasi dengan bagian pemerintahan Pemkab Kubar untuk tapal batas antara kecamatan tersebut,” pungkasnya. 


Penulis: */Handayan

Editor: M. Huldi

Sengketa Tanah di Kubar Masih Cukup Banyak

Sabtu, 07/12/2019

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.