Kamis, 12/12/2019

Eks Lokalisasi Manggar Sari Masih Eksis, Satpol Harus Main Kucing-kucingan Merazia

Kamis, 12/12/2019

Ilustrasi ( Foto: Istimewa )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Eks Lokalisasi Manggar Sari Masih Eksis, Satpol Harus Main Kucing-kucingan Merazia

Kamis, 12/12/2019

logo

Ilustrasi ( Foto: Istimewa )

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Aktivitas prostitusi sepertinya masih hidup di kawasan eks lokalisasi Manggar Sari Balikpapan Timur. Padahal sejak 2010 lalu Pemkot Balikpapan resmi menutupnya. Terbukti ketika awak media ini mencoba mengulik area “esek-esek” di ujung timur Kota Balikpapan. Eks lokalisasi tersebut tampaknya masih eksis. Para pengunjung sebelumnya akan disambut oleh juru parkir yang stand by menjaga kendaraan.

Lokasi yang menyatu bersama rumah warga sehingga wajib jeli membedakan rumah bordil dan rumah penduduk setempat. Namun, yang pasti rumah bordil berciri khas adanya alunan musik dan lampu kelap-kelip. Eks lokalisasi yang berada di RT 31, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur tersebut cukup ramai mulai pukul 20.00 Wita hingga larut malam. 

Awak media mendatangi sebuah rumah yang disulap menjadi sebuah kafe. Di situ berjejer perempuan muda berkisar 20 tahunan. Senyum manis menjadi penyambutan para gadis kepada pengunjung.”Mari Mas, masuk,”, ucap seorang perempuan yang biasa dipanggil Mami.

Ruang berukuran 3x4 meter persegi, TV LED lengkap dengan perangkat karaoke tersedia lengkap. Pengunjung dimanjakan oleh pilihan Lady Companion ( LC) untuk menemani sekadar bernyanyi atau bahkan berkencan. “Sekali ‘main’ Rp250 ribu mas, sudah sama tempat. Di dalam sana,”cetus Mami sembari menunjuk petakan kamar untuk berkencan. Jika hanya ingin berkaraoke ria, pengunjung cukup merogoh kocek Rp450 ribu akan mendapatkan 5 botol bir dengan satu LC.

Dentuman musik berirama keras saling bersahutan dari masing-masing kafe yang tersebar. Namun, ketika waktu menunjukan pukul 00.00 Wita serentak hingar bingar berubah sunyi. “Di sini kalau udah jam 12 malam gak ada musik Mas, tapi masih buka kok cuma gak ada musik aja,” katanya.

Menanggapi itu, Kepala Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Balikpapan Zulkifli mengakui bahwa eks lokalisasi Manggar Sari masih melakukan kegiatan. “Ya memang secara legalitas eks Manggar Sari sudah ditutup kalau gak salah 2010 lalu. Memang bukan rahasia umum memang ada walau sembunyi-sembunyi. Kami sudah melakukan razia rutin,”ungkapnya.

Dia pun tidak memungkiri bahwa kegiatan razia yang dilakukan tidak efektif, terbukti ketika petugas gabungan melakukan kegiatan razia di lokasi kerap tidak ditemukan kegiatan prostitusi. “Kalau dirazia gak permanen, begitu dirazia kan sebelum kami datang ke sana udah bubar duluan, lampu sudah mati tidak ada aktivitas itu yang juga belum kita temukan pola yang permanen,”katanya.

Tindakan tegas seperti pembongkaran bangunan yang diduga digunakan praktik “esek-esek” juga acap kali dilakukan. 

Zul, biasa disapa, mengaku menemui kesulitan dalam hal penindakan lantaran lokasi yang menyatu dengan masyarakat. “Lokasinya kan menyatu dengan rumah masyarakat sehingga akan mengeksekusi itu kesulitan karena menyangkut penduduk,”akunya.

Zul pun tengah menyusun rencana untuk memberdayakan masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga kawasan eks lokalisasi tersebut. “Sudah kami kumpulkan camat dan lurah untuk mengajak warga setempat menjaga dan memberdayakan melalui Poskamling di lokasi itu. Rencana kami implementasikan 2020 semoga bisa berhasil,”harapnya.

Dia menambahkan bahwa warga setempat diminta untuk menjaga agar praktik prostitusi tidak kembali terjadi. 


Penulis: */Yudi Hadi

Editor: M. Huldi

Eks Lokalisasi Manggar Sari Masih Eksis, Satpol Harus Main Kucing-kucingan Merazia

Kamis, 12/12/2019

Ilustrasi ( Foto: Istimewa )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.