Jumat, 13/12/2019

Ambil Ijazah di SDN 003 Harus Bayar Uang Sampul Rp50 Ribu

Jumat, 13/12/2019

Sampul Ijazah ( Foto: Fairus/korankaltimcom)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ambil Ijazah di SDN 003 Harus Bayar Uang Sampul Rp50 Ribu

Jumat, 13/12/2019

logo

Sampul Ijazah ( Foto: Fairus/korankaltimcom)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – SDN 003 di Jalan Pelita, Sungai Pinang, didatangi orangtua murid Kamis (12/12/2019) siang kemarin. mereka  Mereka mempertanyakan kebijakan sekolah yang meminta uang untuk sampul ijazah sebesar Rp50 ribu per murid tanpa penjelasan untuk apa dana yang diminta.

Mariani, orangtua murid kepada korankaltim.com menjelaskan, beberapa hari yang lalu pihak sekolah meminta sidik tiga jari serta meminta membayar sampul ijazah Rp50 ribu. Menurutnya kejadian ini baru berlangsung tahun ini karena sebelumnya, anak Mariani juga pernah bersekolah di SDN 003.

“Saya tanya kepala sekolah, uang 50 ribu rupiah untuk apa.? Katanya untuk sampul. Nah saya bandingkan dengan sekolah lain ternyata tidak membayar. Sekolah ini enam bulan baru keluar ijazah dan disuruh membayar. Jika tidak membayar 50 ribu rupiah hanya ijazah saja tanpa sampul, “ papar Mariani.

Mariani mempertanyakan kebijakan sekolah yang tidak jelas terkait pembayaran ini dan sudah pernah meminta bertemu langsung kepada pihak sekolah, tetapi pihak sekolah melalui bagian Tata Usaha (TU) seperti menutup-nutupi kejanggalan ini. 

Guru yang menemui perwakilan orangtua murid hanya bisa mendukung agar menanyakan langsung tentang kebijakan ini. Ditemui di ruangannya, dua orang staf TU yang tidak mau disebutkan namanya dan bertugas untuk pengambilan ijazah murid SDN 003 hanya menuturkan dari keseluruhan siswa kelas enam yang sudah lulus berjumlah 99 orang. 21 orang sudah mengambil ijazah dan 78 yang belum. Saat ditanya mengenai sampul yang diminta membayar kepada pihak sekolah, kedua staf ini tak banyak menjawab dan terkesan menyembunyikan.

Keduanya juga enggan menjawab apapun dan terkesan tertutup ketika ditanya tentang adakah instruksi dari kepala sekolah jika ada orang tua murid yang akan mengambil ijazah dipungut biaya Rp50 ribu untuk sampul ijazah. “Nanti saja kepala sekolah yang menjawab dan berkompeten menjawab ini,” kata mereka. (*)


Penulis: */Fairus

Editor: Aspian Nur

Ambil Ijazah di SDN 003 Harus Bayar Uang Sampul Rp50 Ribu

Jumat, 13/12/2019

Sampul Ijazah ( Foto: Fairus/korankaltimcom)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.