Rabu, 15/01/2020

Dana Operasional RT Rp2 Juta di PPU

Rabu, 15/01/2020

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dana Operasional RT Rp2 Juta di PPU

Rabu, 15/01/2020

logo

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud

KORANKALTIM.COM, PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan merealisasikan biaya operasional tiap Rukun Tetangga (RT) sebesar Rp2 juta per bulan pada 2020.

Keputusan itu setelah Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud menggelar penyampaian aspirasi di rumah dinasnya, Kelurahan Penajam, dengan harapan peran RT bisa dimaksimalkan.

Sebelumnya operasional RT hanya Rp1 juta per bulan sesuai Peraturan Bupati PPU Nomor 1 Tahun 2105. Artinya akan naik 100 persen pada tahun ini.

Bupati yang akrab disapa AGM menjelaskan komitmen pemkab untuk menaikan operasional RT dan anggarannya pun telah dipersiapkan.

“Itu sudah konkret, nantinya sebesar Rp2 juta perbulan, di Badan Keuangan (BK) sudah diplotkan karena itu paling penting,” kata AGM, Selasa kemarin (13/1/2020).

Naiknya dana operasional para RT yang tersebar di empat kecamatan dinilai sangat perlu karena mereka adalah ujung tombak atau mata dan telinga pemkab. Bahkan daerah lainnya telah menerapkan hal serupa.

“Di Mamuju Utara juga memberikan operasional untuk RT sebesar Rp2 juta,” ucap adik kandung Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Untuk yang lainnya, lanjut AGM, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) turut menjadi perhatian pemerintah kendati baru dapat dilakukan jika kondisi keuangan telah mampu mengakomodir permintaan masyarakat tersebut.

 “Diprioritaskan juga, tapi kami melihat bagaimana PAD (Pendapatan Asli Daerah) harus diseimbangkan, jangan dikeluarkan tapi tidak sesuai dengan keuangan,” tuturnya.

Terdapat lebih kurang 715 RT di Kabupaten PPU. Dengan dana operasional sebesar Rp2 juta, maka anggaran yang dikeluarkan Rp1,43 miliar setiap bulan atau Rp17,16 miliar dalam setahun. (*)


Penulis : */Erwin

Editor : Hendra

Dana Operasional RT Rp2 Juta di PPU

Rabu, 15/01/2020

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.