Jumat, 17/01/2020

Bakal Calon Bupati dari Golkar Kukar Diprediksi Bergantung Hasil Musda Golkar Kaltim

Jumat, 17/01/2020

Logo golkar ( Foto: Ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bakal Calon Bupati dari Golkar Kukar Diprediksi Bergantung Hasil Musda Golkar Kaltim

Jumat, 17/01/2020

logo

Logo golkar ( Foto: Ist)

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Sebagian besar partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) telah jauh hari membuka penjaringan bakal calon (bacalon) bupati maupun wakil bupati (wabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) September mendatang. 

Hanya Partai Golkar yang sampai sekarang belum membuka penjaringan. Padahal Golkar sendiri memiliki total 13 kursi. Itu artinya jauh melampaui syarat minimal pengusungan yakni 9 kursi. De­ngan ataupun tanpa koalisi partai lain, sebenarnya Golkar sudah bisa mengusung sendiri pasangan calon (paslon).

Pengamat Politik dari Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Zulkifli menilai belum dibukanya penjaringan Pilkada Kukar oleh Partai Golkar karena masih melihat kekuatan calon yang akan berlaga. 

Di Golkar sendiri, terang dia, ada banyak calon yang bisa diusung. Ada empat anggota DPRD Kaltim yakni Sarkowi V Zahry, HM Syahrun, Salehuddin, dan Hasanuddin Masud. Kemudian ada juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Kukar Rendi Solihin, HM Ghufron Yusuf, Ketua AMPG Kaltim Muhammad Husni Fahruddin alias Ayub, dan masih banyak kader lainnya. 

“Partai Golkar masih santai karena bisa mengusung calon tanpa koalisi. Jadi di Golkar masih intip-intip kekuatan untuk mengusung kader sendiri yang elektabilitasnya paling tinggi dan bagus,” katanya, Kamis (16/1) kemarin. 

Menurutnya, penentuan nama calon akan dilihat usai Golkar Kaltim melakukan Musda. Ada tiga peta kekuatan di Musda Golkar Kaltim. Ada kubu Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, kubu Gubernur Kaltim Isran Noor, dan kubu anggota DPR RI Rudi Mas’ud. Jika nanti Isran yang memegang kendali Golkar Kaltim, ada kemungkinan Isran akan menunjuk calonnya sendiri di Kukar dengan prediksi koalisi Golkar, PDIP, dan Gerindra. Begitu juga sebaliknya, jika Rudi Mas’ud yang menjadi Ketua Golkar Kaltim, maka hampir pasti akan mengusung Hasanuddin Mas’ud dengan prediksi berpasangan dengan Edi Damansyah. “Yang diusung Golkar, kita lihat siapa yang akan komandoi Golkar Kaltim,” katanya. 

Ketua DPD Golkar Kukar, Abdul Rasid yang ditemui belum lama  mengaku dalam bulan ini akan membuka penjaringan. 


Penulis: */Sabri

Editor: M. Huldi

Bakal Calon Bupati dari Golkar Kukar Diprediksi Bergantung Hasil Musda Golkar Kaltim

Jumat, 17/01/2020

Logo golkar ( Foto: Ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.