Senin, 07/08/2017

Masih Belum Bebas Anjal

Senin, 07/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Masih Belum Bebas Anjal

Senin, 07/08/2017

Raihan Penghargaan Madya Menuju Kota Layak Anak 2017

BALIKPAPAN - Mendapat penghargaan Madya menuju kota layak anak 2017 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), bukan berarti Kota Balikpapan bebas dari temuan kasus penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Hal itu terbukti masih adanya aktivitas anak jalanan atau Anjal, di kawasan keramaian di Kota Beriman. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pun tidak menampik.

“Kadang-kadang mereka (Anjal) dimanfaatkan oleh orang tuanya atau keluarganya, untuk menambah penghasilan. Padahal itu tidak boleh oleh undang undang, atau aturan. Tidak boleh anak dieksploitasi untuk kepentingan ekonomi keluarga begitu,” kata dia, dikonfirmasi wartawan.

Upaya Pemkot yang dianggap ampuh menekan PMKS salah satunya dengan memberikan bantuan sosial. Namun demikian, faktanya di 2016, tidak terealisasi maksimal. 

Di mana berdasarkan hasil Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKP) Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan 2016, dari 19.987 jiwa penerima bantuan sosial, yang terealisasi hanya 1.781 jiwa.

Selain itu menurut Rizal, pihaknya juga melakukan kegiatan penertiban, meski memang upaya itu tidak membuat jera. “Sering berulangkali ya. Begitu situasinya kasus-kasus penyandang masalah sosial terutama anak jalanan, hari ini kita tertibkan besok muncul lagi. Tapi ya dengan segala hal, tentu suatu saat akan lebih tertib,” tuturnya.

Jika dibandingkan dengan daerah lain kata Rizal, Balikpapan tergolong tertib.”Balikpapan itu salah satu lebih baik dibanding kota- kota lain di Indonesia,” tandasnya.

Diketahui selain mendapatkan penghargaan Madya menuju kota layak anak. Balikpapan juga mendapatkan penghargaan pengembangan forum anak terbaik, penghargaan percepatan cakupan pemberian akta kelahiran anak kategori madya, penghargaan sekolah ramah anak terbaik, yang diterima kepala Sekolah Nasional KPS, dan penghargaan tunas muda pelopor Indonesia yang diterima oleh siswa SMA Negeri 1 atas nama Diah Anggraini. (yud)

Masih Belum Bebas Anjal

Senin, 07/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.