Rabu, 07/06/2017

BPBD Minim Perlengkapan Operasional

Rabu, 07/06/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

BPBD Minim Perlengkapan Operasional

Rabu, 07/06/2017

logo

ILUSTRASI

TANA TIDUNG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang baru saja terbentuk 2017 ini masih alami kekurangan fasilitas untuk melakukan tindakan penanganan terhadap korban bencana khususnya bencana banjir yang kerapkali terjadi di daerah ini begitu pula terjadinya kekhawatiran akan bencana lainnya seperti longsor. 

“Kita masih kekurangan peralatan (fasilitas) untuk melakukan penanganan terhadap bencana dan sementara ini masih menggunakan peralatan seadanya saja, yang sifatnya swadaya dan ada pula sebagian yang masih meminjam fasilitas dari instansi atau bagian lainnya di pemerintahan kabupaten (pemkab),” kata Kepala Pelaksana BPBD, Asnar, Selasa (6/6) kemarin.

Peralatan yang dimaksud bila sesuai Standard Operating Procedure (SOP) maka peralatan yang dimiliki sama sekali tak dapat memenuhi ketentuannya, sebab untuk penanganan evakuasi saja masih belum dimiliki termasuk kendaraan roda empat, perahu karet dan berbagai peralatan lainnya yang dibutuhkan.

“Bagaimana kita akan melakukan penanganan terhadap bencana sementara apa yang kita miliki sudah tidak sesuai SOP, untuk menangani banjir misalnya kita tidak memiliki perahu karet untuk evakuasi, kendaraan roda empat untuk sampai ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) masih pinjam dari instansi yang lainnya, makanya untuk penanganan kita pakai peralatan pribadi yang sebisa mungkin kita gunakan,” tambahnya.

Pihaknya sendiri tidak mungkin mengusulkan melalui APBD KTT tahun ini sebab untuk segala macam fasilitas BPBD disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Pusat sehingga dikhawatirkan bila segala kekurangan fasilitas dianggarkan melalui APBD maka akan terjadi double (ganda) makanya pihaknya hanya menunggu dan berharap bahwa pemerintah pusat akan segera merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan mereka nantinya.

“Tapi untuk sementara kami melakukan inventarisir yang bekerjasama dan melibatkan masyarakat secara langsung, jadi apa yang dimiliki oleh masyarakat yang sekiranya bisa kita gunakan untuk melakukan penanganan bencana akan kita gunakan, dan hal ini tentu saja kita apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh masyarakat bersama pihak pemerintah desa dan kecamatan,” sambungnya.

Untuk melakukan penanganan bencana baik banjir ataupun longsor pemerintah desa, kecamatan serta masyarakat tidak ikut tinggal diam saja namun mereka juga siap memberikan bantuan secara langsung sehingga setiap penanganan bencana akan segera dilakukan, imbasnya sampai saat ini setiap bencana yang dihadapi oleh KTT sama sekali belum menimbulkan korban.

“Kita bersyukur dengan kerja cepat masyarakat beserta pemerintah desa dan kecamatan yang ada membuat kinerja kita semakin cepat guna melakukan penanganan bencana banjir ataupun longsor, kita berharap bantuan peralatan yang kita butuhkan dari pemerintah pusat akan segera terealisasi supaya saat bencana datang kita bisa lebih siaga lagi,” pintanya. (ifa)    


BPBD Minim Perlengkapan Operasional

Rabu, 07/06/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.