Sabtu, 10/06/2017

Kapolda Lepas 3 SSK Brimob Jaga Perbatasan

Sabtu, 10/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kapolda Lepas 3 SSK Brimob Jaga Perbatasan

Sabtu, 10/06/2017

logo

SAMARINDA – Tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) anggota Brimob dikirim ke wilayah perbatasan. Keberadaan polisi di wilayah yang dianggap rawan menjadi pelarian dan masuknya kelompok militan Maute dari Filipina adalah tugas utamanya.

Upacara pelepasan pasukan Brimob ke perbatasan berlangsung di halaman Mapolresta Samarinda, Jalan Slamet Ryadi, Kamis (8/6) dipimpin langsung Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin. “Kita meningkatkan langkah-langkah antisipasi,” kata Safaruddin.

Jenderal bintang dua itu melanjutkan, tak hanya mengantsisipasi masuknya kelompok militan dari Filipina, penempatan personil di perbatasan sekaligus mencegah jika ada warga Indonesia yang berangkat ke Filipina. 

“Kita juga mengantisipasi kemungkinan masyarakat kita akan ke sana (Filipina). Jadi, kedua belah pihak kita jaga supaya kondisi keamanan lebih konfusif,” ujarnya. 

Tiga SSK Brimob tersesebut, lanjut Safaruddin akan ditempakan di tiga kabupaten yakni Tarakan, Berau dan Nunukan. “Kita tingkatkan patroli di sana,” tandasnya. 

Kapolda tidak memastikan berapa lama para Brimob tersebut bertugas di perbatasan.

“Kita melihat situasi, jika nanti sudah kondusif dan memungkinkan untuk ditarik, ya kita tarik kembali,” pungkasnya. 

Kapolda memastikan di wilayah hukum Polda Kaltim, yakni Kaltim dan Kaltara belum ada anggota kelompok militan asal Filipina yang masuk. “Belum ada, begitu juga warga kita yang berangkat tidak ada, makanya kita lakukan langkah antisipasi,” tandasnya. 

Tak hanya polisi, TNI juga tengah siaga menangkal masuknya militan ISIS ke Indonesia. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berniat menambah pasukan di wilayah Ternate, Maluku Utara, Sulawesi. 

“Saya menambah personel satu kompi TNI Angkatan Darat dan beberapa kapal Angkatan Laut. Selanjutnya akan saya amankan setiap pantai di wilayah Maluku Utara,” ujar Gatot dikutip dari siaran pers Pusat Penerangan Mabes TNI, Kamis (8/6). 

Selain patroli utama di laut, Komando Operasi TNI Angkatan Udara pun mengerahkan pesawat Boeing pengintai di kawasan perbatasan. “Mengamati, apabila ada perkembangan situasi di wilayah udara segera memberikan laporan.”

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pun menjamin peningkatan pengawasan di perbatasan Indonesia, untuk mengantisipasi masuknya kombatan ISIS. 

“Iya dong, diperkuat. Masing-masing matra kita minta untuk perkuat posisi masing-masing,” ujar Wiranto di kantornya, Rabu (7/6). (dor/tco)


Kapolda Lepas 3 SSK Brimob Jaga Perbatasan

Sabtu, 10/06/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.