Jumat, 22/09/2017

Orientasi Petugas Lapangan P2KBP3A

Jumat, 22/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Orientasi Petugas Lapangan P2KBP3A

Jumat, 22/09/2017

SENDAWAR – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A)  Kutai Barat (Kubar), mulai melakukan orientasi sebagai bekal bagi petugas Pendataan Baru Keluarga Indonesia (PBKI) Kubar tahun ini.

Orientasi itu dihadiri 50 peserta, juga perwakilan BKKBN Kaltim. Tujuannya,  jangka panjang menengah nasional dan rencana strategis BKKBN periode 2015 -2019,  untuk membangun SDM berkualitas, berkarakter dan dan berdaya saing tinggi. “Salah satu prioritas pembangunan melalui penilaian penduduk difokuskan pada rebitalisasi program Keluarga Berencana (KB) serta penyerasian data dan informasi kependudukan dari berbagai sumber seperti sensus, survey dan daya regestrasivital,” jelas Kepala Dinas P2KBP3A Kubar, Yohana, Rabu (20/9)  saat membuka orientasi itu di Sendawar.

Dia menuturkan, pemerintah dari pusat hingga kabupaten/kota berinisiatif agar dalam mengatasi masalah kependudukan melibatkan berbagai sektor dengan mengsinergikan program KB. “Sehingga program kependudukan memenuhi sasaran RPJM 2015-2019. Sesuai UU 52/2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, maka mekanisme pendataan keluarga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan data informasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah penduduk terkait dengan berbagai program pembangunan. kata dia, regulasi payung hukum pengerjaan data dan informasi diperkuat dengan UU No 23/2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan pemerintah  No 87/2014 tentang perkembangan kependudukan yakni di bidang kependudukan dilimpahkan kepada pertumbuhan penduduk yang seimbang dengan penguatan pembangunan.

Pada program generasi berencana di selenggarakan Avokasi dan AKII melalui penyiapan penundaan usia perkawinan dan pengaturan kehamilan untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Informasi keluarga memang perlu di kelola secara terpadu terkordinasi, profesional dan perkesinambungan dalam penyelenggaran sistem informasi keluarga melandasi komitmen yang tinggi dengan menentukan ditaktor yang sederhana, dinamis, mudah di ukur dan merangsang partisipasi masyarakat serta menghasilkan data dan informasi yang tepat waktu dan tepat hukum. “Kita semua di tuntut agar data informasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga harus akurat dan valid” katanya.

Perwakilan BKKBN Kaltim Ida Rosalina Rupina menjelaskan  sangat penting orientasi pendataan baru data keluarga indonesia Kabupaten Kubar. “Hasil pendataan keluarga 2015 telah meghasilkan basis data awal informasi keluarga, baik data mikro yang dapat di manfaatkan menetapkan sasaran dan globalisasi operasional program AKPPK,” tukasnya. (imr)


Orientasi Petugas Lapangan P2KBP3A

Jumat, 22/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.