Kamis, 28/09/2017

Tenaga Pandu di Berau Hanya Delapan Orang

Kamis, 28/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tenaga Pandu di Berau Hanya Delapan Orang

Kamis, 28/09/2017

TANJUNG REDEB- Manajer Pela-yanan Pelindo IV Berau, Manggi mengatakan, erangkan saat ini pihaknya hanya memiliki delapan tenaga pandu kapal. Jumlah tenaga ini memang masih bisa melayani pelayaran kapal di perairan Sungai Segah. Berdasarkan Peraturan Menteri 53 Tahun 2011 tentang pemanduan, setiap kapal yang memiliki GT 500 wajib pandu.

“Di Berau, saat ini kita telah sepakat untuk memberikan jasa pandu kesetiap kapal tug boat yang menarik tongkang batu bara di Perairan Sungai Segah yang memiliki panjang hingga ke muara pantai mencapai sekitar 70 mil dari Pelabuhan Tanjung Redeb. Nah, dengan hanya memiliki 8 tenaga pandu, jika berbicara saat ini masih bisa dikatakan cukup. Akan tetapi, jika berbicara kebutuhan ke depan dengan semakin bertambahnya jumlah kapal, kami akan kesulitan memenuhi kebutuhan pemanduan,”terangnya, kemarin.

Sedangkan untuk jumlah kebutuhan tenaga pandu sendiri, Pelindo tidak dapat memprediksi. Sebab, semua tergantung pada jumlah kapal yang terus meningkat. “Kebutuhannya tidak bisa kita prediksi karena setiap hari jumlah kapal terus bertambah, lebih bagus kita punya sebanyak mungkin,” tuturnya.

Dijelaskannya, teknis emanduan dilakukan oleh pandu dengan menggunakan kapal pandu. Pandu adalah pelaut yang mempunyai keahlian di bidang nautika yang telah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pemanduan kapal yaitu Pasal 1 angka 3 Peraturan Menteri Nomor PM 53 Tahun 2011 Tentang Pemanduan. Selain itu, bagian dari pemanduan yang meliputi kegiatan mendorong, menarik atau menggandeng kapal yang berolah-gerak, untuk bertambat ke atau untuk melepas dari dermaga, jetty, trestle, pier, pelampung, dolphin, kapal dan fasilitas tambat lainnya dengan mempergunakan kapal tunda.

“Penundaan kapal ini dilakukan dengan kapal khusus yakni kapal tunda atau dalam bahasa Inggris disebut dengan tug boat. Kapal tunda adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver/pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya. Penundaan kapal ini dilakukan dengan kapal khusus yakni kapal tunda atau dalam bahasa inggris disebut dengan tug boat,”pungkasnya. (ind)


Tenaga Pandu di Berau Hanya Delapan Orang

Kamis, 28/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.