Jumat, 29/09/2017

Sepekan, PLN Melak Lakukan Pemadaman Bergilir

Jumat, 29/09/2017

KONEKSI TERGANGGU: Petugas PLN memperbaiki jaringan yang ditimpa pohon.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sepekan, PLN Melak Lakukan Pemadaman Bergilir

Jumat, 29/09/2017

logo

KONEKSI TERGANGGU: Petugas PLN memperbaiki jaringan yang ditimpa pohon.

SENDAWAR - Sudah hampir sepekan terjadi pemadaman bergilir yang dilakukan PT PLN Rayon Melak, Kutai Barat (Kubar) dalam Kota Sendawar. Beberapa kecamatan lainnya di Kubar yang terkoneksi listrik dari PLN Melak mengalaminya. 

Warga mempertanyakan hal itu. “Kami heran sudah sepekan sering pemadaman bergilir. Tiga bulan lalu katanya di media PLN Melak sudah tambah mesin baru. Tapi kenapa masih ada pemadaman bergilir hampir setiap hari,” ujar Dodo (47) warga Pasar Nala, Kecamatan Linggang Bigung, melaporkan kepada Koran Kaltim di Sendawar, Jumat (29/9) sore.

Dodo yang merupakan pedagang kelontong di Pasar Nala itu mengaku merugi. “Setiap tahun kondisi ini terus kami alami. Usaha kami rugi,  bahkan ada beberapa alat elektronik kami yang rusak. Apakah ada  tanggung jawab PLN untuk mengganti kerusakan?” bebernya.

Kondisi ini juga dikeluhkan warga Kecamatan Muara Lawa. Listrik padam hingga berjam-jam. “Dulu dibilang warga terlambat membayar tagihan, sehingga PLN rugi. Sekarang ini merata rumah pelanggan menggunakan PLN prabayar, tapi masih sering pemadaman tanpa jadwal seperti sekarang ini. Kami mengharapkan pemerintah turun tangan,” tutur Wawan (37), warga Kampung  Muara Lawa.

Senada dipaparkan Philif (44), warga Kelurahan Barong Tongkok. “Ya kalau sering padam seperti sepekan ini, warung makan saya merugi. Daging dan ikan dalam kulkas kadang membusuk karena kadang padam hingga 4 jam,” bebernya.

Manager PT PLN Rayon Melak, Suhariyanto, mengakui hampir sepekan ini sering terjadi pemadaman bergilir. “Agar masyarakat mengetahui, pemadaman dilakukan karena beberapa gawang (tiang) listrik PLN di kawasan Sembuan, Kecamatan Nyuatan dan beberapa kecamatan lainnya yang roboh. Itu membuat koneksi jaringan terganggu,” jelasnya.

Suhariyanto juga menambahkan,  beberapa travo milik PLN di beberapa kecamatan kena sambaran petir dan terbakar.  

Dia menyebut, kendala utama dan paling sering membuat gangguan jaringan PLN Melak karena masih banyak pohon karet, durian, dan tanaman masyarakat ditepi jalan yang tepat berada di atas kabel jaringan.

“Itu sangat mengganggu, karena jika tersentuh dahan kayu tersebut, mesin pembangkit akan padam. Untuk memasukkan aliran listrik, selanjutnya harus menunggu berjam-jam karena bertahap,” ungkapnya.

“Apabila padam dari feeder (pengumpan) daya di PLTD Sentawar, Mentiwan, Melak, maka berpengaruh ke feeder lainnya. Jadi pemadaman itu karena gangguan mesin yang membuat kekurangan beban/daya. Kami memohon maaf kepada masyarakat, upaya ekstra kami lakukan agar segera normal seperti biasa,” pungkasnya. (imr)


Sepekan, PLN Melak Lakukan Pemadaman Bergilir

Jumat, 29/09/2017

KONEKSI TERGANGGU: Petugas PLN memperbaiki jaringan yang ditimpa pohon.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.