Selasa, 03/10/2017

Tiga Perempuan Ini Tilep Dana PNPM

Selasa, 03/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tiga Perempuan Ini Tilep Dana PNPM

Selasa, 03/10/2017

SANGATTA-- Kejaksaan Negeri Sangatta menahan tiga tersangka penilep dana PNPM Mandiri Desa Sangatta Utara. Kesemuanya perempuan. Ketiga tersangka yakni FA, SW dan Ma ditahan untuk 20 hari ke depan. “Saat ini, ketiganya ditahan di Polsek Sangatta tempat tahanan wanita diamankan Polres Kutim,” terang Kajari Mulyadi.

Kasi Pidsus Regie Komara menjelaskan, tersangka diduga punya niat untuk mengambil dana PNMP karena dalam penyidikan Polres Kutim, ternyata ada dana peserta yang disetor malah digunakan sendiri. Selain itu dibuat kelompok fiktif termasuk membuka rekening bank.

“Mereka yang terlibat penyalahgunaan dana UPK simpan pinjam dengan cara dana yang disetir atau pengembalian dari anggota digunakan untuk kepentingan pribadi tersangka. Bahkan, ada juga yang fiktif,” terang Kajari.

Dalam keterangan persnya, diungkapkan tidak ada dana yang dikembalikan para tersangka. “Sekarang ini, bukti yang ada berupa dokumen termasuk buku rekening yang sebelumnya sempat diblokir penyidik Polres Kutim,” timpal Regie.

Dijelaskannya, dalam kasus PNPM Mandiri Desa Sangatta Utara, kerugian negara mencapai Rp629 juta. Berdasarkan penyidikan unit Tipikor Polres Kutim, terungkap ketiga tersangka FA, Sw dan Ma diduga membuat penerima fiktif. Dari hitungan awal ada indikasi kerugian mencapai Rp1,1 miliar namun dari audit BPKP, kerugian diketahui mencapai Rp629 Juta.

Dana yang digulirkan dalam simpan pinjam kelompok perempuan ini, ditilep dengan cara membuat kelompok usaha sendiri sebanyak 38 kelompok. Tiap kelompok mendapat dana pinjaman antara Rp8-10 juta, namun tidak ada yang bergulir. “Dana yang seharusnya untuk membantu perekonomian masyarakat, justru dinikmati tersangka,” terang Regie seraya menambahkan ketiga tersangka lebih dahulu dikirim ke Polsek Sangatta.(yul1116)

Tiga Perempuan Ini Tilep Dana PNPM

Selasa, 03/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.