Senin, 09/10/2017

Pelayanan di Puskesmas Masih Banyak Kekurangan

Senin, 09/10/2017

FOTO: YULI/KK

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pelayanan di Puskesmas Masih Banyak Kekurangan

Senin, 09/10/2017

logo

FOTO: YULI/KK

SANGATTA - Banyaknya keluhan masyarakat akan lambannya pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Sangatta Utara menjadi permasalahan mendasar yang seharusnya segera diatasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, Bahrani Hasanal belum lama ini.

Puskemas di Kecamatan Sangatta Utara dinilainya sudah tidak mampu melayani warganya yang datang untuk berobat.

Menanggapi adanya keluhan masyarakat terkait lambannya pelayanan kesehatan Kelurahan Teluk Lingga menurut Bahrani perlu dikaji kembali.

Bahrani menjelaskan mengacu pada Standar Pelayanan, maka satu Puskesmas hanya mampu melayani  penduduk sebanyak 34 ribu jiwa. Sementara untuk Kecamatan Sangatta Utara saja, saat ini sudah berpenduduk 120 ribu jiwa.

“Minimal ada empat Unit Puskesmas yang melayani warga Sangatta Utara, jadi masih banyak kekurangannya,” ucapnya

Lanjut Bahrani, hal inilah yang menjadi permasalahan memdasar pelayanan kesehatan di Kecamatan Sangatta Utara. 

Sementara untuk masalah pada unit Puskesmas Kelurahan Teluk Lingga, dirinya mengatakan dalam beberapa pekan terakhir, ada 2 dokter yang disiagakan pada Puskesmas tersebut. Saat ini mereka masih diperbantukan untuk memberikan pelayanan di Klinik Setkab dan Klinik Polri.

Mengatasi hal tersebut, dia mengakui akan segera mencari tenaga dokter pengganti untuk mengisi posisi sementara yang ditinggalkan. “Kami segera mencari tenaga dokter sebagai penggantinya,” terangnya

Lebih jauh, Dia mengungkapkan, terkait wacana menambah satu Puskesmas induk di Kecamatan Sangatta Utara, Bahrani mengatakan jika hal tersebut perlu direalisasikan. Namun yang lebih penting saat ini, kata dia bagaimana Puskesmas yang ada sekarang direhab atau dibangunkan gedung puskesmas yang lebih layak, dengan jumlah poli pelayanan kesehatan yang lebih banyak. 

Dengan demikian diyakini mampu memaksimalkan dalam pemberian pelayanan kesehatan pada masyarakat kecamatan Sangatta Utara.

“Kami bisa saja menambah puskesmas, tapi kita atasi dulu permasalahan di puskesmas lama, di rehab dan di perbaiki kembali lah,” punglasnya. (yul1116)

Pelayanan di Puskesmas Masih Banyak Kekurangan

Senin, 09/10/2017

FOTO: YULI/KK

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.