Rabu, 15/11/2017

Pemkab Siapkan Bursa Inovasi buat 139 Desa

Rabu, 15/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemkab Siapkan Bursa Inovasi buat 139 Desa

Rabu, 15/11/2017

TANA PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), tengah mempersiapkan bursa inovasi bagi 139 desa yang berada di wilayahnya.

Menurut Kepala Dinas PMD Kabupaten Paser Kaftsul Wijaya, persiapan ini termasuk menggelar rapat untuk menyiapkan bursa inovasi desa yang akan diikuti sebanyak 139 desa tersebut.

“Selasa (14/11) kemarin, kami telah menggelar rapat dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan sejumlah tokoh masyarakat. Guna mempersiapkan bursa inovasi desa,” ungkapnya, kemarin.

Direncanakan, lanjut dia, kegiatan bursa inovasi bagi 139 desa akan dilaksanakan pada 5 Desember 2017. Dengan menampilkan puluhan inovasi terbaik dari ribuan desa yang telah dikumpulkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (DPDTT RI).

“Untuk inovasi yang akan ditampilkan, selain puluhan inovasi terbaik yang dikumpulkan Kementerian DPDTT RI, juga bisa berupa inovasi fisik, pelayanan dan administrasi pemerintahan desa,” ucapnya.

Dikatakannya, Bursa Inovasi Desa merupakan program nasional yang bertujuan untuk mendorong desa-desa di masing-masing daerah supaya dapat menduplikasikan inovasi-inovasi terbaik dari seluruh desa di Indonesia.

“Kami harap dalam Bursa Inovasi Desa, sebanyak 39 desa di Kabupaten Paser bisa mereplikasi inovasi-inovasi itu. Dengan tetap menyesuaikan kondisi di desa masing-masing, dan berkomitmen untuk menerapkannya dalam program pembangunan desa,” ujar Kaftsul didampingi Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Ali Hapsah.

Ditambahkan Ali, pihaknya telah mengidentifikasi 50 inovasi yang dinilai cocok dengan kondisi di 139 desa di wilayah Kabupaten Paser. “Dari 74 ribu desa di Indonesia, Kementerian DPDTT telah mengumpulkan ribuan inovasi terbaik. Dari ribuan inovasi terbaik itu, kami telah identifikasi sebanyak 50 inovasi,” katanya.

Dicontohkannya, sejumlah inovasi yang telah diidentifikasi dan dinilai cocok untuk diterapkan di 139 desa. Seperti penggunaan solar cell, penyediaan air bersih, pembinaan posyandu, penanganan gizi buruk dan bagaimana memastikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di setiap desa.

“Nanti, setiap desa alan mengisi dua kartu, yakni kartu komitmen dan kartu ide. Kartu komitmen diisi dengan inovasi yang kami tampilkan, artinya desa komitmen untuk menerapkan inovasi itu. Sedangkan kartu ide, adalah kartu untuk mengisi inovasi baru yang tidak termasuk ke-50 inovasi yang kami tampilkan,” pungkasnya. (sur)



Pemkab Siapkan Bursa Inovasi buat 139 Desa

Rabu, 15/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.