Breaking News
Home >> Teknologi >> Kamera EOS M5 Resmi Dijual di Indonesia
kamera-eos-m5

Kamera EOS M5 Resmi Dijual di Indonesia

LOMBOK – Kamera mirrorless terbaru Canon, EOS M5, akhirnya resmi memasuki pasar Indonesia. EOS M5 dipasarkan lewat PT Datascrip selaku distributor produk-produk Canon di Tanah Air.
Pertama kali diperkenalkan pada September lalu, EOS M5 adalah kamera mirrorless yang lebih “serius”, dalam artian lebih ditujukan untuk fotografer berpengalaman ketimbang konsumen awam. Posisinya di hierarki produk kamera Canon lebih tinggi dibanding dua pendahulunya, EOS M3 dan EOS M10.
EOS M5 mengandalkan fitur-fitur seperti electronic viewfinder, dual-command dial, dan layar sentuh yang bisa diputar 180 derajat ke arah depan, selain ke atas dan ke bawah (tilting).
“Kalau Canon EOS M3 dan M10 menduduki kelas entry-level, EOS M5 mengincar pasar amateur,” ujar Manager Canon Image Communication Division PT Datascrip, Sintra Wong, saat berbicara dalam acara peluncuran EOS M5 di Gili Trawangan, Lombok, Kamis (1/12/2016).
Sintra mengatakan, secara spesifikasi, EOS M5 sebenarnya mirip dengan kamera DSLR EOS 80D dari pabrikan yang sama. Hanya, sebagai kamera mirrorless, EOS M5 tidak memiliki mirrorbox sehingga bodinya bisa dibuat jauh lebih ramping dari DSLR.
“EOS M5 sudah dibekali prosesor gambar terbaru, Digic 7. Sensornya (APS-C) juga memiliki resolusi 24 megapiksel,” imbuh Sintra.
Spesifikasi lain dari EOS M5 mencakup burst rate 7 FPS dengan focus tracking, teknologi autofokus dual-pixel AF, pengolahan gambar RAW di kamera, serta koneksi dengan gadget Android /iOS via Wi-Fi dan NFC.
Di Indonesia, EOS M5 dijual seharga Rp 14,2 juta untuk versi body only. Datascrip juga memasarkan versi kit dengan lensa EF-M 45-45 mm F3.5-6.3 dengan banderol Rp 15,7 juta dan kit dengan lensa EF-M 18-150 mm F3.5-6.3 yang dihargai Rp 19,9 juta.
“Ketersediaan di toko mungkin baru akan mulai banyak pada akhir Desember nanti, pada batch pengiriman kedua. Batch pengiriman EOS M5 pertama minggu depan baru dalam jumlah terbatas untuk memenuhi inden,” tutup Sintra. (kcm)