Rabu, 03/01/2018

Jadikan UPT Supaya Mandiri

Rabu, 03/01/2018

TONI NURHADI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jadikan UPT Supaya Mandiri

Rabu, 03/01/2018

logo

TONI NURHADI

TENGGARONG – Sarana olahraga milik Pemkab Kukar, disarankan berubah status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Namun sebelum menjadi BLUD, fasilitas itu terlebih dahulu dijadikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Dosen Fisipol Unikarta, Toni Nurhadi menyebut, dengan berubah status, saran olahraga bisa mendapat penghasilan sendiri, tanpa tergantung dengan anggaran pemerintah. 

“Banyak sarana olahraga yang bisa dijadikan UPT. Seperti Kolam Renang Junjung Buyah, arena bulu tangkis, lapangan basket, halaman parkir stadion, asrama atlet Tenggarong Seberang, serta sarana olahraga lainnya,” kata Toni Nurhadi kepada Koran Kaltim, kemarin.

Menanggapi saran itu, Sekretaris Dispora Kukar Hero Suprayetno mengatakan sekarang ini sudah ada dua UPT, yakni Pengelolaan Komplek Olahraga (PKO) Stadion Rondong Demang Tenggarong dan PKO Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang..

“Dua UPT PKO sudah berjalan maksimal, ini dibuktikan pendapatan melebihi yang ditargetkan, masing-masing UPT PKO ditargetkan raup PAD Rp400 juta setahun, ini sudah melebihi yang kita targetkan. Untuk UPT PKO Aji Imbut bisa tembus hampir Rp800 juta di tahun kemarin,” ujarnya.

Hero menambahkan, pengelolaan sarana olahraga tidak selamanya  bersifat mencari keuntungan terkadang bersifat social. Contohnya ada saja pihak yang memakai sarana olahraga, namun tidak kita pungut biaya.

“Ada acara mahasiswa pakai salah satu sarana olahraga, mau kita terapkan berbayar, kasihan,” katanya.

Ke depannya dua PKO tersebut bisa saja menjadi BLUD, yang nantinya akan murni dikelola swasta, demi mendapatkan keuntungan yang bisa membiayai operasional PKO.

“Operasional Aji Imbut setahun bisa mencapai Rp1,7 M, sedangkan pendapatnya tidak sebesar itu, jika dikelola menjadi BLUD, maka akan maksimal dalam pencarian dana untuk biaya operasional rutin. Luas Stadion Aji Imbut mencapai 7 Ha, operasional yang besar mencakup bayar listrik dan air, perawatan lapangan serta kebersihan lapangan,”pungkasnya.(ran)  


Jadikan UPT Supaya Mandiri

Rabu, 03/01/2018

TONI NURHADI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.