Sabtu, 27/01/2018

Belum Ada Fasilitas Listrik dan PDAM, Dusun Bensamar kini Menginjak Usia 400 Tahun

Sabtu, 27/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Belum Ada Fasilitas Listrik dan PDAM, Dusun Bensamar kini Menginjak Usia 400 Tahun

Sabtu, 27/01/2018

logo

BESOK, Dusun Bensamar yang masuk wilayah Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong, akan merayakan HUT yang ke 400 tahun. Bensamar merupakan dusun tertua di Tenggarong, yang menyimpan sejarah awal berdirinya Kota Tenggarong.

Untuk datang ke Dusun Bensamar sangat mudah melalui Dusun Bengkuring, Kelurahan Maluhu yang sudah dibetonisasi. Meski sudah berumur 400 tahun, rupanya masyarakat dusun tersebut masih berkutat dengan keterbatasan. Warga seempat belum bisa menikmati air bersih PDAM dan listrik.

“Sampai sekarang kami menikmati air bersih dan listrik dari bantuan perusahaan batu bara, untuk listrik setiap rumah hanya dapat jatah listrik untuk menyalakan lampu, dengan membayar iuran per bulannnya Rp25.000. Sedangkan bagi rumah yang ada TV dikenakan biaya Rp35.000 per bulan,”kata perwakilan warga Bensamar, Amin, kepada Koran Kaltim.

Amin menambahkan, masyarakat bisa menikmati listrik hanya enam jam, dari jam 18.00-00.00 Wita. Tak boleh ada alat elektronik berlebih. “Masyarakat di sini tidak punya kulkas, kalau beli es batu harus ke dusun tetangga, yang sudah bisa menikmati listrik 24 jam,”ujarnya.

Ketua Adat Kutai Dusun Bensamar, Semain mengatakan, sejak lahir dirinya bermukim di Bensamar sejak lahir meski sanak dan keluarganya banyak merantau ke daerah lain.

“Ada orang Bensamar yang kerja di Tenggarong, Samarinda, bahkan ada yang kerja di Jakarta, saya tetap disini bangun kampung dengan bertani. Saya rasakan semua keterbatasan jampung ini,” jelasnya.

Lurah Loa Ipuh Darat, Ambo Dalle mengatakan, perayaan HUT Bensamar diisi dengan baca doa bersama. “Di dusun ini sejarah Kutai Tenggarong ada, dan akan dibentuk Kampong Kutai di sini, karena hampir 98 persen penduduk Dusun Bensamar dari suku Kutai, namun kebersamaan terus terjalin selama ratusan  tahun,”jelasnya.(ran)  

Belum Ada Fasilitas Listrik dan PDAM, Dusun Bensamar kini Menginjak Usia 400 Tahun

Sabtu, 27/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.