Rabu, 14/02/2018

Ini Daerah Rawan Longsor di Kukar

Rabu, 14/02/2018

ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ini Daerah Rawan Longsor di Kukar

Rabu, 14/02/2018

logo

ilustrasi

TENGGARONG –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, menyusul tingginya intensitas hujan di wilayah itu. 

Plh Kepala Bidang Pra Kebakaran dan Penanggulangan Bencana BPBD Kukar, Abdul Kadir mengatakan intensitas hujan yang tinggi tidak hanya berpotensi menyebabkan banjir, tapi juga longsor.

“Warga Kukar, khususnya Tenggarong di musim hujan ini diharapkan tidak membuang sampah di selokan untuk aliran air menuju sungai. Masyarakat juga kami harapkan tidak menebang pohon di pinggir sungai karena bisa menghambat resapan air.  Juga  jangan membakar sisa panen kebun yang menyebabkan lahan gundul sehingga erosi kemudian menyebabkan longsor,” kata Abdul Kadir kepada Koran Kaltim, kemarin. 

Menurut Kadir, seluruh kecamatan di Kukar berpotensi mengalami musibah longsor. Hanya, intensitas tiap-tiap kecamatan berbeda. 

Untuk kecamatan dengan intensitas sedang di antaranya Kecamatan Tenggarong, Loa Kulu, Muara Kaman, Muara Muntai, dan Muara Wis.

Sedangkan kecamatan yang memiliki intensitas tinggi bencana longsor,  di antaranya Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Tenggarong Seberang, Loa Janan, Samboja, Marangkayu, Muara Jawa, Muara Badak, Anggana, Sangasanga, dan Sebulu.

“Tingginya curah hujan berdampak jebolnya tanggul bekas tambang di beberapa kecamatan menjadi penyebab bencana longsor yang menyebabkan kerugian besar  yang paling sering ditemui di beberapa tahun terakhir,” demikian Kadir. (rf218)  

Ini Daerah Rawan Longsor di Kukar

Rabu, 14/02/2018

ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.