Rabu, 14/11/2018

Gubernur Kaltim Siap Bantu Penabalan Sultan Kutai Rp500 Juta

Rabu, 14/11/2018

Sukrawardy

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Gubernur Kaltim Siap Bantu Penabalan Sultan Kutai Rp500 Juta

Rabu, 14/11/2018

logo

Sukrawardy

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor dikabarkan akan membantu pembiayaan yang diperlukan untuk menggelar Penabalan (Pembaitan, Red.) Sultan Kutai Ing Martadipura yang rencananya akan digelar pada 15 Desember mendatang.

Di informasikan oleh Pj Sekretaris Daerah Kukar, Sukrawardy, rencananya akan ada kucuran dana dari Gubernur Kaltim, Isran Noor sebanyak Rp 500 juta.

“Informasi dari Yang Mulia, dari pihak Kesultanan bahwa nanti mungkin akan ada bantuan dari Pemerintah Provinsi  memberikan bantuan sekitar Rp500 juta dari pak Gubernur,” kata Sukrawardy kepada Koran Kaltim, Selasa (13/11).

Bantuan dana tersebut, lanjut Sukrawardy, belum diketahui dalam bentuk hibah dari Pemprov atau uang pribadi daripada Isran Noor. “Kita belum tau apakah itu dari dana pribadi beliau atau apapun itu yang rencananya akan diberikan itu karena belum ada penjelasan dari pak Gubernur,” paparnya.

Berkaitan dengan bantuan tersebut, Sukrawardy mengatakan pihaknya beserta Kesultanan Kutai Ing Martadipura akan segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas terkait bantuan yang akan dikucurkan itu.

“Yak mungkin insya Allah dalam waktu dekat ini, kami TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dan panitia dari Kesultanan akan membicarakan itu kembali,” pungkasnya.

Sebelumnya, prosesi penabalan Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Surya Adiningrat menjadi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, berlarut-larut. Sang pewaris tahta, belum bisa menggantikan posisi yang ditinggal mangkat ayahnya, Sultan Aji Muhammad Salehoeddin II sejak 5 Agustus 2018 lalu. 

Masalah pendanaan prosesi penabalan menjadi kendala. Pemkab Kutai Kartanegara hingga saat ini belum juga mengucurkan dana untuk menggelar prosesi itu. 

Juru bicara sekaligus Menteri Pelestarian Tata Nilai Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, APHK Poeger berharap penabalan bisa dilaksanakan di 15 Desember mendatang, atau sebelum pergantian tahun. 

“Kami dari kesultanan ini terus terang masih menadahkan tangan kepada Pemkab Kukar. Ini ‘kan tinggal sekitar satu bulan saja lagi. Sementara hal-hal untuk penabalan tersebut perlu dipersiapkan,” kata Poeger, Minggu (11/11). (rf218)


Gubernur Kaltim Siap Bantu Penabalan Sultan Kutai Rp500 Juta

Rabu, 14/11/2018

Sukrawardy

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.