Sabtu, 08/12/2018

Ketopong Sultan Kutai Tiba Menjelang Penabalan

Sabtu, 08/12/2018

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ketopong Sultan Kutai Tiba Menjelang Penabalan

Sabtu, 08/12/2018

logo

Ilustrasi

TENGGARONG – Untuk menggelar Penabalan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke 22 yang rencananya akan digelar 15 Desember, Ketopong yang akan dipergunakan untuk menabalkan Sultan tersebut sudah dalam proses peminjaman ke Direktur Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Anjar Asmara mengatakan, untuk meminjam Ketopong yang berbahan emas dan berhiaskan batu permata tersebut sudah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Dirjen Kebudayaan.

“Plt Bupati langsung yang menandatangani MoU peminjaman pada Rabu lalu kalau tidak salah. Dalam artian langsung ditangani daerah, bukan OPD lagi,” terang Anjar kepada Koran Kaltim, Jumat (7/12). 

Anjar mengatakan, rundown kegiatan Penabalan Sultan itupun sudah dibuatkan jadwalnya. Ketopong tersebut, lanjutnya, kemungkinan akan sampai ke Kesultanan menjelang penabalan.

“Mungkin sekitar tanggal 13-14 Desember mendatang, Penabalannya ‘kan tanggal 15,” ujarnya.

Terkait persiapannya dari Disdikbud Kukar sendiri diketahui sudah terbentuk panitia baik dari pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura maupun dari OPD terkait seperti Dinas Pariwisata dan Disdikbud sendiri. 

Menteri Pelestarian Adat dan Budaya Kesultanan, APHK Puger, sebelumnya mengatakan kesiapan dari pihak kesultanan sudah hampir rampung. “Pada prinsipnya, Kesultanan sudah siap untuk menggelar Penabalan,” pungkasnya. (rf218)

Ketopong Sultan Kutai Tiba Menjelang Penabalan

Sabtu, 08/12/2018

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.