Rabu, 30/01/2019

Utang Selesai, Kutai Kartanengara Fokus Bangun Infrastruktur

Rabu, 30/01/2019

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Utang Selesai, Kutai Kartanengara Fokus Bangun Infrastruktur

Rabu, 30/01/2019

logo

Ilustrasi

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG – Sudah tak lagi focus pada penyelesaian masalah utang membuat pembangunan infrastruktur di Kutai Kartanegara akan terlaksana di tahun 2019 ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian Pembangunan Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar DR Bahari Joko Susilo. “Dari aspek pendapatan sudah kami analisis dan kami putuskan seperti yang tercantum dalam APBD, untuk belanja kami batasi, tidak lagi jor-joran. Sekarang kami focus pada hal-hal yang prioritas, terutama pendidikan kesehatan infrastruktur dan urusan lain terkait reformasi birokrasi,” papar Joko kepada korankaltim.com kemarin.

Menurut Bahari hal ini semua sudah dikelola secara teliti sehingga dengan melihat kondisi perekonomian yang ada maka 2019 masih aman. “Insya Allah tidak ada utang, karena kemarin memang asumsi dari perekonomian nasional terkait harga minyak dipatok di kisaran 70 dan dalam realisasi awal kita lihat kemarin di akhir tahun 2018 sampai awal tahun ini memang dibawah realisasinya, sementara ini di kisaran 60 an per barelnya, nah ini pasti ini mempengaruhi pada pendapatan kita yang sebagian besar dari DBH,” ungkapnya.

Bappeda dalam hal ini sudah bisa mengantisipasi, karena Pemkab kukar tidak memasang pendapatan 100 persen dari DBH namun menyesuaikan dengan Perpres yakni 80 persen. “Sehingga lewat aspek kehati-hatian ini maka 2019 insyaAllah Kukar masih aman. Kemudian kita juga akan melihat realisasi auditnya berapa, sementara ini juga menurut perhitungan kita di tahun lalu masih ada yang namanya kurang salur, walaupun secara prognosa akhir itu sudah disalurkan 100 persen, tapi kita masih hitung-hitungan Bappenda dan tim TAPD, sementara kita masih ada kurang salur untuk tahun 2018 tapi itu juga belum kita masukkan di APBD kita,” jelasnya. (*)


Penulis: Heriansyah

Editor: Aspian Nur

Utang Selesai, Kutai Kartanengara Fokus Bangun Infrastruktur

Rabu, 30/01/2019

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.