Rabu, 02/10/2019

IFAF 2019 Sukses, Kadispar: Perputaran Ekonomi Selama TIFAF Capai Rp 5 Miliar

Rabu, 02/10/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

IFAF 2019 Sukses, Kadispar: Perputaran Ekonomi Selama TIFAF Capai Rp 5 Miliar

Rabu, 02/10/2019

logo

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Pelaksanaan Tenggarong Internasional Folk Arts Festival (TIFAF) ke- 7 tahun 2019 berjalan dengan sukses dan menorehkan banyak cerita bagi para partisipan maupun masyarakat Kutai Kartanegara. 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni pada penutupan TIFAF 2019, Minggu (29/09), di lapangan kantor Bupati Kutai Kartanegara.

Diungkap Sri,  pelaku seni  yang terlibat adalah partisipan internasional sebanyak 6 negara  dengan jumlah personel 131 orang, partisipan dari luar Kaltim berjumlah 20 orang sedangkan partisipan  dari Kutai Kartanegara sendiri sebanyak 79 Kelompok seni dan paguyuban dengan total  1.542 orang.

Ia juga mengatakan, rangkaian agenda pada TIFAF berjalan dengan aman, lancar dan sukses.  Venue utama yang berada di Stadion Rondong Demang ramai dikunjungi masyarakat. Sama halnya dengan panggung  di lapangan basket Kelurahan Melayu dan Street Stage di Pulau Kumala.

“Estimasi jumlah pengunjung selama festival di seluruh venue mencapai lebih dari 114.000 orang," katanya.

Sri menambahkan,  perputaran ekonomi selama festival melalui transaksi di arena Kukar Expo mencapai Rp5 miliar. Estimasi ini belum termasuk belanja pengunjung di luar ekspo seperti hotel, restoran dan toko-toko suvenir lainya.

Sebagai bagian dari 100 Wonderful Event Indonesia, TIFAF VII tahun 2019 mendapat dukungan langsung dari Kementrian Pariwisata berupa penayangan Promosi TIFAF di salah satu TV swasta, publikasi di media digital dan produksi tarian massal berikut live musik pengiring saat pembukaan TIFAF.

Pada TIFAF  kali ini, menurut Sri, ada yang berbeda. Selain menampilkan Kesenian rakyat dari negaranya para partisipan TIFAF juga berbagi wawasan tentang budaya dan profil negaranya kepada 6 sekolah di Tenggarong yaitu sekolah SMAN 1 Tenggarong, SMAN 2 Tenggarong, SMAN 3 unggulan Tenggarong Sebrang, SMKN 1 Tenggarong,  SMA YPK dan MAN  Tenggarong.  

“Siswa-siswa sekolah yang dikunjungi juga menampilkan berbagai atraksi mulai seni tari, musik, pencak silat, drum band  hingga kreasi baris berbaris sehingga ada interaksi yang terjalin,” ungkapnya.

Selain itu, para partisipan juga mengikuti eksibisi permainan tradisional antarnegara, yakni lomba kelompanjang, lomba engrang, begasing, menyumpit,  dagongan. Partisipan Rusia merupakan juara umum pada lomba permainan tradisional Kutai.

Sri mengucapkan terimakasih  atas kerja sama dan dukungan semua pihak atas kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan TIFAF tahun 2019. (Medsi03)*

IFAF 2019 Sukses, Kadispar: Perputaran Ekonomi Selama TIFAF Capai Rp 5 Miliar

Rabu, 02/10/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.