Minggu, 13/08/2017

Pembukaan LAF V Meriah

Minggu, 13/08/2017

Tarian Panah dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pembukaan LAF V Meriah

Minggu, 13/08/2017

logo

Tarian Panah dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

HUJAN deras tak mengurangi kemeriahan pembukaan Lanjong Art Festival V tahun 2017. Festival bertajuk “Sana Sini Seni” itu tetap sukses menyedot antusiasme warga, Sabtu (12/8) malam. 

Sebelum dibuka, peserta festival dwi tahunan itu terlebih dahulu melakukan ziarah ke pendiri dan raja-raja Kutai Kartanegara Ing Martadipura di kompleks Museum Mulawarman, sekaligus meminta izin kepada pihak kesultanan. Prosesi ini mereka sebut “Nyekar Nyeker”.

Perwakilan Yayasan Lanjong, Mimi Nooryanti saat silaturahmi dengan kerabat kesultanan berharap kegiatan yang direncanakan dalam satu pekan ke depan berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi peserta dan pihak-pihak terkait. 

“Kami memulai gelaran LAF ini dengan berziarah sebagai bentuk memberikan rasa hormat yang mendalam serta memanjatkan doa dan permohonan agar seluruh niatan baik kami ini diaminkan oleh tuhan,” katanya. 

Mimi menjelaskan, Sana Sini Seni tidak hanya sebuah kata-kata tapi diharapkan bisa membekas di hati masyarakat Kukar. 

LAF V tahun ini mencakup seluruh pejuang seni di nusantara, seperti Aceh, Bogor, Palu, Donggala, Sulteng, Makasar, Banjarmasin, Yogyakarta, Solo, Tasikmalaya, Bandung, Berau, Samarinda, PPU, dan tuan rumah Tenggarong. 

Acara ini juga dihadiri seniman ternama, dari luar dan dalam negeri. Tak ketinggalan hadir juga Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Dr Muhamad Amin.

“Sangat luar biasa dan menginspirasi sekali kita kedatangan Mr Gerard Mostard dari Belanda, Mas Rianto dari Jepang, ada Maestro Tari Jawa Klasik salah satu seniman kebanggaan Indonesia Ibu Maria Darmaningsih, ada Perupa Pak Basuki dari Australia, Pak Widodo Jancuk dari Yogyakarta, Aga dari Polandia, kemudian hadir dari Argentina, Taiwan, Perancis, yang pasti akan ada 400 sampai 500 pejuang seni berkumpul di Ladaya selama sepekan ini,” jelas Mimi.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni mengapresiasi LAF V ini. Menurutnya, Yayasan Lanjong  yang berdiri di Kukar  bisa menjadi barometer untuk seni pertunjukan di daerah dan sebagai wadah para seniman untuk berkreasi.

“LAF ini sebuah magnet, baik itu mereka sebagai penikmat atau pelaku seni pasti akan datang ke Tenggarong. Dan selama festival berlangsung mereka tentu akan bereksplorasi dan mencari tahu ini daya tarik wisata apa saja yang bisa dikunjungi dan di situlah kita merasakan manfaatnya. Karena itu Dispar sangat men-support kegiatan ini,” ungkap Sri.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Ketua Fraksi Golkar Kukar Abdul Rasid, Kadispar Sri Wahyuni, dan Staf Ahli Bupati Suriansyah. (*hei)

Pembukaan LAF V Meriah

Minggu, 13/08/2017

Tarian Panah dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.