Senin, 28/08/2017

Kades Jangan Bagi-bagi Uang

Senin, 28/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kades Jangan Bagi-bagi Uang

Senin, 28/08/2017

TENGGARONG – Kepala desa diingatkan agar tidak melakukan tradisi bagi-bagi uang jelang lebaran. Tradisi ini dinilai tidak efektif membantu ekonomi masyarakat dan justru membentuk masyarakat yang konsumtif. 

Pernyataan itu ditegaskan Kepala Kanwil Ditjen Pembendaharaan Kaltim, Midden Sihombing saat sosialisasi dana desa yang digalar Kejari Kukar, pekan lalu.

“Biasanya kan ada Kades yang bagi-bagi uang jelang lebaran, ini sama saja mendidik masyarakat semakin konsumtif,”kata Midden Sihombing.

Midden menyarankan agar bantuan itu dialihkan untuk kepentingan yang lebih mendesak, seperti membangun jalan dan jembatan atau membantu kelompok usaha kecil yang sudah jelas usahanya. 

Selain itu, Midden mengingatkan agar aparatur desa tidak menggandeng pihak luar untuk mengerjakan proyek di dalam desa. Aparatur mestinya memberdayakan masyarakat dalam program pembangunan. 

“Harapanya dana desa bisa dirasakan masyarakat desa, solusinya proyek desa jangan dilakukan oleh kontraktor, dikerjakan secara swadaya atau bergotong royong, sekalipun lebih mahal sedikit tapi masyarakat bisa menikmati dana desa, kalau dikerjakan ke kontraktor, dana desa akan berputar keluar desa,” paparnya.

Sementara untuk penyimpangan uang desa, lebih baik dilakukan secara giro. Sebab,  untuk pencairan dana membutkan tanda tangan lebih satu orang, kalau dalam bentuk tabungan biasa keluar dari prinsip transparansi. Setiap kegiatan yang direncanakan Kades harus mendapatkan persetujuan dari Badan sebagai pengawas.

“Jika rekening desa atas nama kades perorangan, dikhawatirkan Kades mengambil uang tanpa pengetahuan aparatur desa lainnya, ini jadi tidak transparansi. Kades jangan seenaknya menentukan proyek, seperti karena rumah saudaranya, jalannya diaspal, perhatikan kebutuhan masyarakat yang sebenar-benarnya,” pungkasnya. (ran)


Kades Jangan Bagi-bagi Uang

Senin, 28/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.