Selasa, 29/08/2017

Kematian Ibu dan Anak Masih Tinggi

Selasa, 29/08/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kematian Ibu dan Anak Masih Tinggi

Selasa, 29/08/2017

logo

ILUSTRASI

TENGGARONG –   Angka kematian ibu dan di Kutai Kartanegara masih cukup tinggi. Memasuki bulan ke sembilan ini saja, angka kematian ibu dan anak sudah mencapai 20 kasus. Tahun lalu, kasus kematian ini mencapai 32 kasus. 

“Angka kematian ibu dan anak saat persalinan cukup tinggi di Kukar bahkan di Kaltim. Kita sudah pernah melakukan riset penyebab kematian tersebut, dan didapati berbagai faktor,” kata Kadinkes Kukar, Koentijo Wibdarminto melalui Kasubag Penyusunan Program, Ismi Mufidah kepada Koran Kaltim, kemarin.

Ismi menambahkan, penyebabnya bisa dari sisi masyarakatnya, tingkat layanan dasar yang minim, serta pelayanan kesehatan yang harus ditingkatkan. 

Dinkes berupaya melakukan intervensi dengan memantau secara langsung di beberapa Puskesmas di Kukar. “Kami arahkan kepada pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas untuk berkomunikasi dan mendampingi langsung ke masyarakat khususnya ibu hamil, kita ingin menghargai satu jiwa bisa lahir dalam keadaan sehat,” katanya.

Ismi memastikan, yang menjadi fokus sasaran intervensi adalah sang ibu karena kalau ibu hamil dalam keadaan sehat, maka potensi anak dilahirkan juga dalam keadaan sehat. 

Yang paling rentan mengalami risiko kematian adalah perempuan yang sudah berusia 35 tahun ke atas dan juga memiliki anak yang cukup banyak. Ini juga disebabkan ketersediaan alat kontrasepsi yang masih minim.

“Infrastruktur yang masih jelek dan faktor geografis juga masih menjadi penyebab kematian ibu dan anak saat persalinan. Untuk itu bagi ibu hamil yang rumahnya jauh dari Puskesmas, sebelum prediksi tanggal kelahiran, sudah kita rujuk ke Puskesmas atau rumsah sakit untuk dirawat jelang kelahiran,” jelasnya. (ran) 


Kematian Ibu dan Anak Masih Tinggi

Selasa, 29/08/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.