Kamis, 05/10/2017

ADD Tahap II Dipangkas Rp35 Miliar

Kamis, 05/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

ADD Tahap II Dipangkas Rp35 Miliar

Kamis, 05/10/2017

TENGGARONG - Kepala Desa Se Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini sedang pusing-pusingnya. Pasalnya, selain anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang belum cair semuanya, besaran ADD juga akan dikurangi.

Informasi yang diperoleh dari DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (P-Apdesi) Kukar, ADD tahap II yang awalnya Rp84 miliar akan dipangkas dan tersisa Rp49 miliar.

“Kita sudah ketemu Kepala BPKAD (Ahyani Fahdianur Diani), ADD tahap II hanya dianggarkan Rp49 miliar,” kata Ketua DPC P-Apdesi, Mus Mulyadi.

Kebijakan ini terasa berat diterima oleh P-Apdesi. Sebab, berdasarkan hitungan, anggaran Rp49 miliar itu hanya bisa mencover 110 desa di Kukar. “Padahal jumlah desa itu 193. Kalau ADD tahap II hanya mencover sekitar 110 Desa,  83 Desa lainnya mau bagaimana,” tanya Mus Mulyadi yang juga Kades Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dana itu, kata dia sudah mulai dibuatkan Surat Penyedia Dana (SPD) oleh BPKAD. “Kan awalnya itu Rp20 miliar, kemudian Rp 20 miliar lagi. Nah, hari ini, (Rabu , Red) sekitar Rp9 miliar saja,” ungkapnya.

Selain pemangkasan ADD tahap II, pagu ADD untuk 2017 juga terancam dipangkas Pemkab Kukar. ADD yang semual Rp210 Miliar, hanya menjadi Rp 160 miliar saja.

P-Apdesi meminta agar kebijakan itu ditinjau ulang. Sebab, anggaran sebesar itu tidak mampu mengcover penghasilan tetap paratur dan operasional desa. “Selain itu, untuk merombak APBDes, juga membutuhkan waktu. Apalagi ini sudah Oktober, sudah mepet sekali waktu untuk menerap semua dana,” terang Mus Mulyadi.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Kepala BPKAD Kukar Ahyani Fahdianur Diani belum bisa dikonfirmasi.  (ami)


ADD Tahap II Dipangkas Rp35 Miliar

Kamis, 05/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.