Kamis, 15/06/2017

Defisit, Semangat Meningkatkan SDM Jangan Kendur

Kamis, 15/06/2017

Tulus Sutopo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Defisit, Semangat Meningkatkan SDM Jangan Kendur

Kamis, 15/06/2017

logo

Tulus Sutopo

TENGGARONG – Membangun pendidikan yang bermutu menjadi kewajiban bersama untuk diwujudkan. Dengan jumlah 1.085 sekolah, semua pihak harus berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang bermuara pada peningkatan SDM di Kukar. 

“Ada 1.085 sekolah di Kukar, 584 sekolah negeri dan 496 sekolah swasta. Semua sekolah memiliki cita-cita mewujudkan pendidikan yang berkualitas yang bisa dirasakan masyarakat Kukar,” kata Kabid Pendidikan Dewan Riset Daerah (DRD) Kukar, Tulus Sutopo kepada Koran Kaltim, kemarin.

Menurut Tulus, defisit keuangan yang dialami Kukar memang menjadi tantangan. Namun, kondisi ini tak boleh menurunkan semangat untuk meningkatkan kualitas SDM. 

Selain itu, pengalihan wewenang SMA/Sederajat dari kabupaten ke provinsi juga tak boleh mengendurkan semangat. “Perubahan yang dirasa sekolah-sekolah yang sebelumnya dikelola kabupaten beralih ke provinsi berdampak terhadap pendapan sekolah, tapi yang terpenting semangat membangun pendidikan yang berkualitas harus tetap jalan,” imbuhnya.

Pendidikan di Kukar sudah cukup maju, jumlah guru yang mencapai 13.800 orang, rata-rata sudah bergelar sarjana, dan diharuskan bersertifikasi. Kerja keras para guru juga sudah membuat Kukar mendulang prestasi. Seperti penghargaan sebagai sekolah sehat, Adiwiyata dan pengelola dana BOS terbaik skala Kaltim dan nasional. 

“Fokus pembenahan pendidikan di tahun depan, penguatan kurikulum karena masih ada sekolah-sekolah yang belum menggunakan kurikulum 2013, peningkatan kualitas guru tenaga kependidikan (GTK), kepala sekolah, dan pengawas, serta penguatan manajemen sekolah yang sesuai dengan standar mutu pendidikan,” pungkasnya. (ran)


Defisit, Semangat Meningkatkan SDM Jangan Kendur

Kamis, 15/06/2017

Tulus Sutopo

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.