Rabu, 25/10/2017

Dinsos Beri Pendampingan Penderita HIV/AIDS

Rabu, 25/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dinsos Beri Pendampingan Penderita HIV/AIDS

Rabu, 25/10/2017

TENGGARONG- Belum lama ini, Dinsos Kukar mendampingi penderita HIV/AIDS di Desa Teluk Dalam kecamatan Tenggarong Seberang. Penderita berjenis kelamin laki-laki tersebut berinisial DW yang diharuskan berobat rutin ke RSUD AW Syahrani Samarinda.

“Kami sudah berikan pendampingan kepada DW untuk dilakukan perawatan dan pengobatan rutin di Samarinda. Saat ini DW tinggal di rumahnya di Desa Teluk Dalam,”kata Plt Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Anak, Muhammad Agustiar, melalui Staf Teknis, Fifah, kepada Koran Kaltim kemarin.

Mendasarkan laporan yang diterima Dinsos, DW sejak tiga bulan terakhir mengalami penyusutan berat badan yang cukup drastis dan mengalami sariawan hingga meruam seperti terbakar, akhirnya keluarganya berinisiatif untuk memeriksa DW ke Puskesmas Teluk Dalam, hasil pemeriksaan puskesmas DW positif HIV/AIDS. “Kita pastikan lagi periksa ke RSUD AWS, ternyata betul positif HIV dan sudah parah menjadi AIDS,” jelasnya.

Fifah menambahkan, mengenai biaya berobat DW di RSUD AWS, untungnya yang bersangkutan sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dinsos selalu berkoordinasi dengan Dinkes Kukar terkait penanganan penderita HIV di Kukar. “Berdasarkan data dari puskesmas Teluk Dalam, sampai saat penderita HIV mencapai tujuh orang di Tenggarong Seberang,”jelasnya.

Sementara Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Triatmo mengatakan, bagi penderita HIV akan diberikan obat Antiretroviral(ARV) dan harus diminum secara rutin seumur hidup dan tepat waktu. Obat ARV berfungsi agar system imun si penderita yang sudah terkena virus, tidak semakin parah penyebaran virusnya, dan juga berfungsi meredakan rasa sakit. “Penderita HIV diharuskan mengkonsumsikan obat ARV,”pungkasnya. (ran)

Dinsos Beri Pendampingan Penderita HIV/AIDS

Rabu, 25/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.