Kamis, 28/02/2019

Gempa Solok Bikin Puluhan Rumah Rusak

Kamis, 28/02/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Gempa Solok Bikin Puluhan Rumah Rusak

Kamis, 28/02/2019

logo

KORANKALTIM.COM, SOLOK - Gempa bumi dengan kekuatan 5,6 Skala Richter terjadi Kamis (28/2/2019) pagi tadi yang berpusat di darat pada kedalaman 10 kilometer, berpusat di 50 kilometer Tenggara Solok Selatan, Sumatera Barat.

Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Solok Selatan, terdapat 11 orang luka ringan dan 101 unit rumah rusak akibat gempa. "Daerah yang mengalami kerusakan tersebar di 4 Nagari di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sangir Batanghari Kabupaten Solok Selatan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya di Jakarta seperti dilansir Vivanews.com.

Ia merinci, untuk sebaran dari korban dan kerusakan yaitu, 11 orang luka ringan yaitu seorang di Nagari Talunan dan 10 orang di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Sementara itu, 101 unit rumah rusak tersebar di 4 Nagari yaitu, 30 unit rumah rusak sedang terdapat di Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangor Balai Janggo. Empat unit rumah rusak berat dan enam unit rumah rusak sedang di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Jangjo.

Kemudian, satu unit rumah rusak berat serta 30 unit rumah rusak sedang dan rusak ringan di Nagari Sungai Kunyit Barat Kecamatan Sangir Balai Janggo, serta 30 unit rumah rusak sedang dan ringan di Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batanghari.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Solok Selatan masih melakukan pendataan. Posko kesehatan didirikan di Sungai Kunyit. Tenda didirikan untuk logistik dan pengungsi. "Dampak gempa tidak besar sehingga diperkirakan kerusakan tidak luas," katanya.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 SR yang terjadi pukul 07.27 WITA  ini juga dirasakan hingga di sebagian Provinsi Jambi. Tiba-tiba beberapa warga merasakan seperti digoyang. Bahkan lampu di dalam rumah pun seperti digoyang-goyang, kabel tiang listrik seperti diembus angin kencang selama beberapa menit.

Hal ini seperti dikatakan Asmar, salah satu warga Kecamatan Pamenang yang saat itu sedang jalan pagi. "Saya sangat kaget, saya lihat air di got kok bergoyang kencang, lalu saya pastikan ke beberapa warga ternyata memang disebabkan oleh gempa," kata Kamis, 28 Februari 2019.

Hal senada juga dikatakan Andi, warga kota Bangko, dia juga merasakan seperti diayun-ayun.

"Ya sekitar 15 detik lah, saat saya duduk di depan rumah tiba-tiba saya merasa digoyang-goyang, saya juga lihat kabel listrik ikut bergoyang-goyang," ujarnya. (*)

Gempa Solok Bikin Puluhan Rumah Rusak

Kamis, 28/02/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.