Rabu, 13/03/2019

Defisit Tak Teratasi, Jokowi: Bodoh Banget

Rabu, 13/03/2019

Presiden Joko Widodo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Defisit Tak Teratasi, Jokowi: Bodoh Banget

Rabu, 13/03/2019

logo

Presiden Joko Widodo

BANTEN - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kesal karena Indonesia kerap mengalami defisit neraca perdagangan. Saking kesalnya Jokowi bahkan sampai mengucapkan kata ‘bodoh’ saat mengungkapkan ekspresinya itu.

“Tahu kesalahan kita, tahu kekurangan kita, rupiahnya berapa defisit kita tahu, kok enggak kita selesaikan? Bodoh banget kita kalau seperti itu,” katanya saat membuka rapat koordinasi nasional investasi di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/3).

Jokowi menjelaskan sejatinya semua pihak sudah mengetahui cara untuk menyelesaikan masalah defisit neraca perdagangan dan transaksi berjalan itu, yakni lewat meningkatkan investasi dan ekspor. “Defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan membebani kita berpuluh-puluh tahun tapi tidak diselesaikan.”

Sayangnya, kata dia, meski sudah puluhan tahun defisit tapi tak kunjung ada penyelesaian. “Padahal kuncinya kita tahu investasi dan ekspor, kuncinya di situ.”

Ia meminta pemerintah pusat dan daerah mempermudah proses perizinan untuk investor demi menggenjot investasi dan ekspor. Jokowi mewanti-wanti agar jangan  sampai nilai investasi dan ekspor Indonesia kalah oleh Kamboja dan Laos. Pasalnya Indonesia telah tertinggal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Saking geramnya dengan kondisi investasi dan ekspor Indonesia, Jokowi melontarkan wacana di rapat kabinet untuk membuat kementerian yang khusus mengurusi dua hal itu. “Apakah perlu dalam situasi seperti ini yang namanya menteri investasi dan menteri ekspor?” Ia berdalih sudah banyak negara yang memiliki kementerian investasi dan ekspor. (tco)

Defisit Tak Teratasi, Jokowi: Bodoh Banget

Rabu, 13/03/2019

Presiden Joko Widodo

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.