Jumat, 22/03/2019

Lindu Berkekuatan Magnitudo 5,1 Guncang TTU, NTT

Jumat, 22/03/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Lindu Berkekuatan Magnitudo 5,1 Guncang TTU, NTT

Jumat, 22/03/2019

logo

KORANKALTIM.COM, KUPANG -Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (22/3/2019) diguncang lindu berkekuatan magnitudo 5,1. 

Dikutip dari kompas.com, Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Robert Owen Wahyu mengatakan, gempa itu terjadi pada pukul 11.16 Wita.

Episenter gempa itu, lanjut Robert, terletak pada koordinat 8,97 derajat lintang selatan dan 124,09 derajat bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 kilometer arah barat laut Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

"Kedalaman gempa itu yakni 109 kilometer,"ungkap Robert. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia terhadap lempeng Eurasia.

Menurut Robert, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah Laut Sawu ini, dipicu oleh mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Atambua dan Kupang II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami," ujar dia.(*)

Lindu Berkekuatan Magnitudo 5,1 Guncang TTU, NTT

Jumat, 22/03/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.