Senin, 20/05/2019

Mau Mudik Hemat, Begini Caranya

Senin, 20/05/2019

Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Mau Mudik Hemat, Begini Caranya

Senin, 20/05/2019

logo

Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim

KORANKALTIM.COM - Bagi yang berencana merayakan Lebaran di kampung halaman, mau tidak mau Anda harus menebalkan kantong. Sebab, ada banyak pos pengeluaran yang harus ditanggung, terutama jika Anda ingin mengajak keluarga untuk liburan.

Dalam situasi seperti ini, Anda pasti ingin untuk melakukan penghematan, agar uang yang disiapkan cukup untuk memenuhi seluruh biaya selama Lebaran. Lalu, bagaimana biar enggak boros? Tak sulit, berikut cara biar mudik Lebaran di kampung halaman  seperti dilansir vivanews.com:


1. Susun anggaran khusus untuk Lebaran


Pertama-tama, Anda harus menyusun anggaran untuk mengetahui jumlah uang yang akan dihabiskan saat mudik dan merayakan Lebaran. Total anggaran bisa disesuaikan dengan penghasilan bulanan Anda.

Jika jumlah penghasilan besar, tidak ada salahnya untuk menaikkan jumlah anggaran. Jika tidak, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri.

Anggaran ini akan membantu Anda untuk mengontrol pengeluaran selama Lebaran.

Sehingga, pengeluaran pada setiap pos tidak melebihi jumlah yang sudah ditetapkan di awal.


2. Pilih transportasi yang paling hemat

Ada banyak moda transportasi yang bisa dijadikan pilihan untuk mudik. Ada pesawat, kereta api, bus, atau kendaraan pribadi. Pilihlah transportasi yang biayanya paling hemat.

Selain itu, pertimbangkan pula waktu tempuh perjalanan, energi yang dihabiskan, dan kenyamanan Anda selama di perjalanan. Jika Anda ingin mudik menggunakan pesawat atau kereta api, jangan lupa cek promo atau diskon yang ditawarkan oleh maskapai untuk mendapatkan tiket murah.


3. Minimalisir oleh-oleh yang dibawa

Membeli oleh-oleh tidak boleh sembarangan. Anda perlu membuat perencanaan sebaik mungkin, sehingga aktivitas belanja oleh-oleh terkontrol. Pikirkan oleh-oleh apa yang ingin Anda berikan kepada sanak saudara, lalu catatlah pada secarik kertas. Bawa catatan kecil ini sebagai pedoman saat berbelanja.

Selain menghemat pengeluaran, meminimalisir oleh-oleh juga akan mengurangi beban Anda saat pulang kampung. Anda tidak perlu menggendong terlalu banyak tas, sehingga Anda menjadi lebih leluasa untuk bergerak.


4. Bagikan THR secara tepat guna

Percaya atau tidak, 25 persen dari total pengeluaran pasti habis untuk bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR). Agar porsinya tidak berlebihan, sebaiknya tentukan jumlah orang yang akan mendapat THR dan nominal yang akan diberikan pada setiap orang.

Jangan lupa menyiapkan uang pecahan kecil. Apabila amplop THR yang disiapkan kurang, setidaknya Anda bisa memberikan uang tunai kepada orang tersebut. Dengan demikian, semua orang tetap mendapat porsi THR yang sama.


5. Tak harus serba baru, manfaatkan baju Lebaran yang lama

Lebaran identik dengan pakaian serba baru. Tetapi, coba bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli pakaian baru. Daripada uang Anda habis untuk membeli barang-barang yang sudah ada, lebih baik gunakan uangnya untuk keperluan lain. Lagipula, memakai pakaian lama tidak akan merusak penampilan, kok.

Padukan pakaian lama dengan item yang belum pernah dipakai untuk acara keluarga, lalu tambahkan aksesoris, agar penampilan Anda akan terlihat berbeda saat merayakan Lebaran.


6. Hindari menghidangkan menu yang terlalu mewah

Menyambut keluarga besar dengan menu makanan lezat tampaknya sudah menjadi suatu keharusan. Apalagi, kepuasan para tamu secara tidak langsung akan memengaruhi kepuasan tuan rumah juga.

Tetapi, bukan berarti Anda harus habis-habisan untuk urusan makanan, apalagi jika kondisi finansial tidak mencukupi. Daripada menyiapkan hidangan mewah, lebih baik siapkan makanan sederhana tapi memiliki cita rasa yang tinggi.

Perhatikan pula tata letak makanannya, agar siapapun yang melihat makanan itu tertarik untuk segera mencicipinya. Enak tak harus mahal.


7. Hindari aktivitas yang menguras uang

Saat Lebaran memang momen yang tepat juga buat aktivitas yang lain seperti liburan misalnya. Mengingat seluruh anggota keluarga berkumpul. Namun, pilihlah tempat liburan yang tidak terlalu menguras isi dompet.

Anda bisa mengadakan aktivitas menarik di sekitar rumah yang tujuannya untuk memupuk rasa kekeluargaan antar anggota keluarga, seperti BBQ-an bersama atau main games.

Jika Anda bersikeras ingin liburan bersama keluarga, sebaiknya rencanakan dari jauh hari untuk mencegah melonjaknya pengeluaran. Tentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi, alat transportasi yang digunakan, dan akomodasi liburan. (*)

Mau Mudik Hemat, Begini Caranya

Senin, 20/05/2019

Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.